Pastikan Mahasiswa Lulus Berkualitas, UPGRIP Kawal Hingga Yudisium

Pastikan Mahasiswa Lulus Berkualitas, UPGRIP Kawal Hingga Yudisium

Palembang – Humas UPGRIP

Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Sumsel berkomitmen untuk menciptakan lulusan yang unggul dan berkualitas.

Bahkan, Pascasarjana UPGRIP yang kini menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam melanjutkan Pendidikan Tinggi di jenjang Strata Dua memastikan para mahasiswa lulus Berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Rektor UPGRIP Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR. saat memberikan sambutan pada Pembukaan Kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Program Pascasarjana UPGRIP di Aula H Aidil Fitri Syah Lantai 5 Gedung Business and Science Centre UPGRIP, Sabtu (11/11/2023).
“Kita kawal ketat, Kita pastikan Mahasiswa lulus tepat waktu. Khusus S2, masa studi 18 bulan harus pas tidak boleh kurang dari sehari pun,” ujarnya.

Rektor menegaskan bahwa pihak Program Studi memastikan bahwa tiap mahasiswa dari Program S2 selain sudah memenuhi semua persyaratan untuk melakukan yudisium juga ketepatan waktu 18 bulan menjadi syarat utama.

“Untuk UPGRIP kita jaga agar mereka tamat tak boleh kurang dari 18 bulan. Walaupun sudah terpenuhi, dicek ulang kapan masuk dan sampai yudisium tidak boleh kurang dari 18 bulan. Selain itu, ketaatan mengawal Tesis mahasiswa sangat diperhatikan untuk menghindari plagiarisme. Salah satunya dengan cek turnitin. Turnitin di UPGRIP ini tentunya berlaku di dunia,” terangnya.

Selain itu, ijazah dengan PIN nasional juga bagian dari komitmen UPGRIP terhadap para lulusan. “Berskala nasional adalah target kami dengan harapan di mana pun lulusan kami berada maka tidak perlu direpotkan dengan urusan administrasi yang tidak perlu,” tegasnya.

Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Dr. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H. diwakili oleh Bendahara Reva Valianti, S.E., M.Pd., M.M. mengatakan kegiatan pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Program Pascasarjana ini rutin digelar untuk membimbing mahasiswa supaya bisa menulis artikel ilmiah dengan baik karena ini salah satu syarat untuk menyusun tesis.

“Sampai ujian dikawal dan itu salah satu upaya Pascasarjana supaya lulusan dari sini memiliki kualitas lebih dari yang lain. Tepat waktu 18 bulan dan menyelesaikan administrasi dan memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan di Pascasarjana UPGRIP. Warning di UPGRIP bukan hanya di Strata 1 tapi Strata 2 juga dikawal,” ujarnya.

Dikatakannya, tugas akhir mahasiswa terus dimonitor supaya tidak kebablasan kuliahnya. Itu adalah tugas Dosen pembimbing dan Kaprodinya supaya tugas akhir mahasiswa selesai tepat waktu. Dikawal terus sehingga tidak ada kendala.

Di tempat yang sama, Plt. Direktur Program Pascasarjana UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQnR. melaporkan bahwa Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah ini diikuti sebanyak 107 peserta yang terdiri dari mahasiswa Prodi Bahasa Indonesia 23 orang, Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris 20 orang dan Prodi Manajemen Pendidikan sebanyak 64 orang.

Menurutnya, pengawalan mahasiswa di Program Pascasarjana UPGRIP sejak dari semester pertama sudah dilakukan. Selanjutnya, di semester dua sudah ada proposal. Selain itu, dengan kurikulum yang kita persiapkan, maka dipastikan mahasiswa Pascasarjana di UPGRIP akan siap menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan tetap mengedepankan kualitas.

“Kawalan terhadap mutu karya ilmiah pun tetap kita kedepankan turnitin sehingga karya ilmiah mahasiswa kita betul-betul sesuai standar dan tentunya tetap berkualitas,” jelasnya.

Ia menambahkan para pemateri dalam Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang adalah Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc. Prof. Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR. Dengan judul materi “Etika Penulisan Artikel Ilmiah Dan Plagiarisme” Dimoderatori oleh Dr. Mahasir, M.Pd. Selanjutnya, Plt. Direktur Program Pascasarjana UPGRIP Assoc. Prof. Dr. Syaiful Eddy, M.Si., CIQnR. dimoderatori oleh Asdir Dr. Mulyadi, M.A. dengan materi berjudul “Tips dan Trik Dalam Publikasi Artikel Ilmiah”. Pembicara ketiga, Dr. Happy Fitria, M.Pd., CIQnR.. dimoderatori oleh Dr. H. Edi Harapan, M.Pd. dengan materi “Teknik dan Tahapan Penulisan Artikel Ilmiah.

Kalender

November 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori Post