Tingkatkan Literasi, HMPS Pendidikan Sejarah Adakan Lomba Cerdas Cermat Pelajar SMA/SMK se-kota Palembang

Tingkatkan Literasi, HMPS Pendidikan Sejarah Adakan Lomba Cerdas Cermat Pelajar SMA/SMK se-kota Palembang

Palembang – Humas UPGRIP

Guna meningkatkan wawasan literasi tentang perkembangan sejarah bagi generasi muda, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Sejarah, Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) mengadakan Lomba Cerdas Cermat Pelajar SMA/SMK se-kota Palembang tahun 2023 i
Aula Usman Madjid, Gedung Perpustakaan , Senin (23/10/2023).

Lomba bertema “Meningkatkan Kemampuan Akademik di Bidang Kesejarahan untuk SMA/SMK Sederajat se-kota Palembang ini dibuka oleh Wakil Dekan III FKIP Bidang Kemahasiswaan, Dr. Muhamad Idris, M.Pd.

Pada kesempatan tersebut Ketua Pelaksana sekaligus Ketua HMPS Pendidikan Sejarah FKIP UPGRIP Wusni mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh panitia HMPS Pendidikan Sejarah.

“Dan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bulan Bahasa FKIP Universitas PGRI Palembang. Selain itu,
Lomba Cerdas Cermat ini menjadi titik awal program kerja HMPS di masa yang akan datang,” ujar Wisnu.

Dikatakannya, meskipun lomba ini masih memiliki banyak kekurangan, HMPS Pendidikan Sejarah berkomitmen untuk terus meningkatkan di masa mendatang. Semoga pada tahun 2024 yang akan datang bisa digelar lebih meriah lagi agar literasi tentang sejarah bagi pelajar SMA semakin berkembang.

Plh. Kaprodi Pendidikan Sejarah, FKIP UPGRIP Dr. Ema Agustina, M.Pd, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para peserta guru yang telah mendampingi siswa dalam kegiatan Lomba Cerdas Cermat yang diselenggarakan oleh HMPS Pendidikan Sejarah.

“Selain itu, ucapkan terima kasih kepada tim HMPS yang telah bekerja keras sejak awal, termasuk dalam pembuatan bank soal, sertifikat, piala, dan sebagainya. Prodi Pendidikan Sejarah mengapresiasi kegiatan ini, semoga kegiatan Lomba Cerdas Cermat ini akan terus meningkatkan kualitasnya SDM tentang kesejarahan dan berkembang lebih baik di masa depan,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FKIP UPGRIP , Dr. Muhamad Idris, M.Pd, ia menyampaikan bahwa Lomba Cerdas Cermat ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bahasa FKIP Universitas PGRI Palembang.

“Dengan tujuan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bidang kesejarahan. Semoga kegiatan ini terus ditingkatkan baik oleh Program Studi dan HMPS Pendidikan Sejarah,” urainya.

Untuk diketahui, bahwa lomba Cerdas Cermat SMA/SMK sederajat se-kota Palembang, dilakukan secara bertahap, Para peserta lomba cerdas cermat terdiri dari 12 tim dan 10 sekolah SMA/SMK sederajat se-kota Palembang. Adapun tahapan perlombaan cerdas cermat dilakukan babak penyisihan empat kali, semifinal dan final.

Lomba cerdas cermat ini terdapat 3 juri dari dosen Prodi Pendidikan Sejarah yaitu Dr. Nur Syafarudin, M.Pd., Dr Ema Agustina, M.Pd., dan Dr. Muhammad Idris, M.Pd. Ketiga juri memiliki latar belakang akademisi dalam analisis konteks, materi pembelajaran dan budaya lokal. Dari hasil penjurian perlombaan cerdas cermat kesejarahan 2023 menghasilkan juara I dari SMA N. 8 tim II, juara II SMA N. 5 dan juara III SMA N.8 tim 1.

Kalender

November 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori Post