PGSD FKIP UPGRIP Ajarkan Aplikasi Canva di SDN 235 Palembang

PGSD FKIP UPGRIP Ajarkan Aplikasi Canva di SDN 235 Palembang

Palembang – Humas UPGRIP

Dalam rangka menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Canva Bagi Guru SDN 235 Palembang.

PkM ini ketuai oleh Kiki Aryaningrum, M.Pd, dengan anggota Aldora Pratama, M.Pd, Arief Kuswidyanarko, M.Pd, Putri Dewi Nurhasana, M.Pd, Ali Fakhrudin, M.Pd, Rury Rizhardi, M.Pd, Sonia Anisah Utami, M.Sn serta dibantu oleh dua mahasiswa yakni Muhammad Rasyid Ridho dan Widya Wuri Utami
Menurut Ketua PkM Kiki Aryaningrum, M.Pd, menjelaskan melalui PkM ini Guru Sekolah Dasar Khususnya di SD N 235 Palembang dalam pembelajaran dapat memanfaatkan media pembelajaran inovatif diataranya memiliki kemampuan dalam pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva.


Lanjutnya, Media yang digunakan Guru haruslah relevan dengan kebutuhan siswa dalam belajar. Jika guru menggunakan media yang belum tepat maka pembelajaran tidak dapat mencapai hasil yang maksimal. Dengan demikian diperlukan adanya media pembelajaran yang menarik dan mencapai tujuan pembelajaran dengan harapan mampu mendukung pencapaian hasil belajar siswa yang maksimal.

Hal senada diucapkan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UPGRIP Aldora Pratama, M.Pd, bahwa Canva merupakan media yang menyediakan template untuk membuat desain simple.

“Dalam pembuatan media pembelajaran Canva, pada aplikasi ini Guru dapat membuat Media pembelajaran, bahan ajar serta dapat membuat semua grafik, blog, presentasi, facebook cover, flyer, undangan dan sebagainya. Dan perlu diperhatikan bahwa program yang terlalu mudah akan membosankan bagi siswa dan sedikit sekali manfaatnya bagi guru karena guru tidak memperoleh tambahan kemampuan yang seharusnya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rury Rizhardi, M.Pd dihadapan para peserta menyampaikan bahwa UPGRIP Palembang juga melakukan kegiatan sosialisasi PMB menyampaikan informasi bahwa di tahun ini Universitas PGRI Palembang telah membuka 3 Program Studi S1 baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (S1). Dan yang terbaru adalah telah dibukanya Magister Pendidikan Jasmani (S2).

“Khusus Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi serta Prodi Budi Daya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa terbatas dan juga tersedianya beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apabila orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50%.

Bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang memiliki empat prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia serta yang terbaru dibuka Pendidikan Jasmani , dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, S.Pd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

Kalender

January 2023
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Kategori Post