Dosen FKIP UPGRIP Ajarkan Media Pembelajaran Interaktif di SMAN 1 Abab Pali

Dosen FKIP UPGRIP Ajarkan Media Pembelajaran Interaktif di SMAN 1 Abab Pali

Palembang – Humas UPGRIP

Guna memberikan wawasan kepada guru tentang penggunaan variasi media pembelajaran interaktif, para dosen FKIP Universitas PGRI Palembang (UPGRIP)
melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berbentuk workshop dengan metode presentasi dan diskusi terbuka di SMA Negeri 1 Abab, Kabupaten Pali, Senin (7/11/2022).

PkM ini diketuai oleh Nova Pratiwi, M.Pd, yang beranggotakan Chandra Kurniawan, S.E.,M.Si, Januardi, S.Pd., M.Si., Neta Dian Lestari, S.Pd, M.M, Hj. Masnunah, M.Pd, Riswan Aradea S.P., M.M dan dibantu oleh 3 mahasiswa Sunarmo Tri Atmojo, Sanita serta Pesi Purnama Sari.

Ketua PkM Nova Pratiwi, M.Pd mengatakan selain kegiatan PkM, dilakukan juga Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang dan SMA Negeri 1 Abab Kabupaten Pali.

Naskah MoU ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian, M.M., M.Si., CIQaR diwakili oleh Januardi, S.Pd., M.Si dengan kepala sekolah SMA Negeri 1 Abab Kabupaten Pali Abdul Rahman, S.Pd.M.M.

Dikatakannya, peserta dalam kegiatan PkM ini adalah 10 orang guru dan 30 siswa SMA Negeri 1 Abab Kabupaten Pali yang nanti hasil dari kegiatan PkM yang telah dilakukan evaluasi didapati peserta kegiatan mendapatkan wawasan mengenai variasi media pembelajaran interaktif yang dapat diterapkan guna mengoptimalkan kegiatan pembelajaran ekonomi dan kewirausahaan di kelas.

“Melalui diskusi terbuka peserta mendapatkan kesempatan untuk berbagi pandangan tentang pergeseran paradigma pendidikan berkat perkembangan teknologi informasi yang mempercepat aliran ilmu pengetahuan, serta cara mengoptimalkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran,” ujarnya.

Lanjutnya bahwa metode pembelajaran interaktif merupakan keterampilan penting dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan memberikan wawasan kepada siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran interaktif dalam belajar di kelas dan belajar mandiri guna memaksimalkan hasil belajar.

Di tempat yang sama, Kepala SMA Negeri 1 Abab Kabupaten Pali Abdul Rahman, S.Pd., M.M mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang, yang telah melakukan MoU dan memilih sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan PkM.

“Semoga dengan MoU dan kegiatan PkM ini diharapkan pengajaran lebih menarik perhatian pembelajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. Kemudian bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih di pahami pembelajar, serta memungkinkan pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan baik. Metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga,” pungkasnya.

Adapun pemateri dalam PkM tersebut adalah Hj. Masnunah, M.Pd dengan materi Kreativitas media ajar bagi guru, Nova Pratiwi, M.Pd dengan materi Konsep multimedia pembelajaran interaktif, Neta Dian Lestari, S.Pd., M.M dalam materi Langkah mudah membuat media pembelajaran interaktif.

Selanjutnya Riswan Aradea, S.P,M.M dengan materi Media interaktif pembelajaran kewirausahaan, Chandra Kurniawan, S.E.,M.Si dengan materi Strategi belajar menggunakan media pembelajaran interaktif dan Januardi, S.Pd., M.Si dengan materi Ruang lingkup Pembelajaran Interaktif.

Ditempat yang sama juga dilakukan kegiatan Sosialisasi PMB oleh para dosen yang terlibat dalam PkM , semua dosen secara bersamaan masuk kekelas XII dan menyampaikan informasi bahwa di tahun ini Universitas PGRI Palembang telah membuka 3 Program Studi S1 baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (S1). Dan yang terbaru adalah telah dibukanya Magister Pendidikan Jasmani (S2).

“Khusus Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi serta Prodi Budi Daya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa terbatas dan juga tersedianya beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apabila orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50%.

Bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang memiliki empat prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia serta yang terbaru dibuka Pendidikan Jasmani , dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, S.Pd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

Kalender

November 2022
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Kategori Post