Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP Ajak Masyarakat dan Pelajar Manfaatkan Kolam Tanah di Lahan Rawa untuk Budidaya Ikan Gabus

Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP Ajak Masyarakat dan Pelajar Manfaatkan Kolam Tanah di Lahan Rawa untuk Budidaya Ikan Gabus

Palembang – Humas UPGRIP

Keterbatasan informasi dan keahlian yang dimiliki para pelajar SMA dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan perairan rawa untuk kegiatan budidaya ikan menjadi landasan dan alasan para Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) untuk mengadakan penyuluhan dan pelatihan yang dituangkan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di SMK Negeri 1 Inderalaya Selatan, Ogan Ilir yang bertemakan “Pemanfaatan Kolam Tanah di Lahan Rawa Untuk Budidaya Ikan Gabus”, Selasa (1/11/2022).

Kegiatan PkM ini diketuai oleh Rahma Mulyani S.Pi., M.Si, dengan anggotanya Sumantriyadi, SP, M.Si, Lia Perwita Sari SP, M.Si., Humairani, S.Pi, M.Si., Santi Mayasari, M.Pd., dan Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si serta dibantu oleh 2 mahasiswa Nanda Aprilia, Muhammad Firdaus R dan alumni Ramadhani, A.Md.Pi.

Kegiatan PkM ini juga diikuti dengan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) yang telah dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang dan SMK Negeri 1 Inderalaya Selatan, Ogan Ilir.

Naskah MoA ditandatangani oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si., dengan Wakil Kurikulum Sarana dan Prasarana SMK N 1 Inderalaya Selatan Zuraidah,S.Ag, sedangkan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Budi Daya Ikan ditandatangani oleh Prodi Budidaya Ikan D3 Fitra Mulia Jaya,S.Pi,M.Si dengan Wakil Kurikulum Sarana dan Prasarana SMK N 1 Inderalaya Selatan Zuraidah, S.Ag, dan sementara SPK Prodi Ilmu Perikanan ditandatangani oleh Ketua Program Studi Ilmu Perikanan Sofian,S.Pi.,M.Si dengan Wakil Kurikulum Sarana dan Prasarana SMK N 1 Inderalaya Selatan Zuraidah, S.Ag.

(Suasana Pengabdian kepada Masyarakat)

Ketua PkM Rahma Mulyani S.Pi., M.Si mengatakan bahwa penyuluhan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang peningkatan dan optimalisasi potensi lahan perairan rawa dalam kegiatan budidaya ikan gabus dengan para santri/siswa/siswi dan guru-guru di SMK Negeri 1 Inderalaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

“Selain itu diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bagi santri/siswa/siswi dan guru-guru di SMK Negeri 1 Inderalaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan mengenai budidaya ikan gabus dan potensinya di lahan perairan rawa,” ujarnya.

Hal yang tak kalah penting, kegiatan ini juga dibarengi dengan meneruskan kerjasama MoA yang telah dibuat sebelumnya maka diharapkan dapat meningkatkan minat siswa calon mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan UPGRIP.

Lanjutnya, besarnya animo masyakat terhadap tingginya tingkat konsumsi ikan baik ikan yang berasal dari perikanan tangkap ataupun hasil budidaya, maka sasaran dalam kegiatan PkM ini secara umum adalah masyarakat, namun secara khusus yaitu ditujukan kepada Siswa/i dan Guru di SMK Negeri 1 Inderalaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan sebanyak 40 orang.

Sementara itu kegiatan PkM ini di barengi dengan Sosialisasi yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Indah Anggraini Yusanti, S.Si., M.Si., menyampaikan bahwa dengan ditandatanganinya MoU, MoA dan PKS pada hari ini sudah menjadi bagian dari Universitas PGRI Palembang.

Lanjutnya, bahwa ditahun ini Universitas PGRI Palembang juga telah membuka 4 Program Studi baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Saintek (S1), Pendidikan Jasmani (S2). Dan Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa bagi guru dan anak guru, berupa diskon biaya kuliah baik S1 dan S2.

“Khusus Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi dan Budidaya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan kuota kuliah gratis. Juga tersedia beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 %.

Ditambahkan Indah, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang juga memiliki empat prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia dan yang terbaru dibuka Pendidikan Jasmani , Dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

“Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

(Foto bersama)

Di tempat yang sama Wakil kurikulum Sarana dan Prasarana SMK N 1 Inderalaya Selatan Zuraidah, S.Ag, mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan PkM.

“Semoga dengan PkM ini diharapkan masyarakat , terkhusus para pelajar dapat mengetahui edukasi mengenai menjaga kelestarian biota diperairan rawa dan membudidayakan ikan gabus dirasa penting bagi pelajar, guru dan masyarakat agar mendukung peningkatan keberlangsungan komoditas perikanan rawa dan produksinya,” pungkasnya.

Adapun materi yang disampaikan dalam PkM tersebut adalah Sumantriyadi, S.P., M.Si dengan materi Perairan Rawa, Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si dengan materi Keanekaragaman jenis ikan rawa dan potensinya, Santi Mayasari, S.Pd., M.Pd dengan materi Keanekaragaman dan potensi ikan gabus konsumsi dan Hias.

Selanjutnya Rahma Mulyani, S.Pi., M.Si dengan materi Pengelolaan kolam: remediasi, pengapuran, pemupukan, dan pengisian air, Sujaka Nugraha, S.Pi., M.Si dengan materi Penebaran benih ikan gabus, pemeliharaan dan panen dan Lia Perwita Sari, S.P., M.Si dengan materi Analisis usaha sederhana pembesaran ikan gabus konsumsi/hias.

Kalender

November 2022
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Kategori Post