Program Studi Fisika Fakultas Sainstek UPGRIP Gelar PkM di SMAN Sungai Are OKUS

Program Studi Fisika Fakultas Sainstek UPGRIP Gelar PkM di SMAN Sungai Are OKUS

Palembang – Humas UPGRIP

Sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Dosen Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Sainstek Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) menggelar Penyuluhan dan Workshop dalam Pemanfaatan Dropbox Online Google Drive di SMAN Sunyai Are OKU Selatan (OKUS), Kamis (20/10/2022).

PkM diketuai oleh Rahmawati, M.Pd dengan lima anggotanya yang terdiri dari dosen dosen program Studi Fisika yakni Dr. Dui Rahman, M.Si, Parmin Lumban Toruan, S.Si.,M.T, Atina, M.Si, Joni Iswan, S.Sos., M.Si dan Dr. Rita Sulistiyowati, M.Si serta di bantu oleh dua orang mahasiswa Jiani Fahira dan Titis Lugina Hisaba

PkM sendiri ini juga diikuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dan PKS yang telah dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang dan SMA N Sungai Are Oku Selatan.

Naskah MoU ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Bukman Lian., M.M., M.Si., CIQaR. dalam hal ini diwakili oleh Ka.Subag Kemahasiswaan Joni Iswan, S.Si., M.Si dengan Kepala SMA N Sungai Are Oku Selatan Shanty Fitriany, S.Pd., M.M.

Sedangkan naskah MoA ditandatangani oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dewi Novianti, S.Si., M.Kes., diwakili oleh Ka.Subag. Kemahasiswaan Joni Iswan, S.Si., M.Si Kepala SMA N Sungai Are Oku Selatan Shanty Fitriany, S.Pd., M.M. dan Perjanjian Kerjasama (PKS) ditandatangani oleh Ketua Program Studi Fisika Jumingin, M.Si diwakili oleh Ka.Subag Kemahasiswaan Joni Iswan, S.Si., M.Si dengan Kepala SMA N Sungai Are Oku Selatan Shanty Fitriany, S.Pd., M.M.

Ketua PkM Rahmawati, M.Pd. mengatakan berdasarkan hasil observasi dan kuisioner tentang pengarsipan berkas diSMAN 1 Sungai Are. Mereka masih mengarsip secara manual sehingga sering terjadi kehilangan data dan pencarian data yang lama agar dapat memberikan pemahaman dan keterampilan bagi guru dan tenaga pendidik, dengan membuat dan menyusun data dan file dokumen penting, mudah disusun dengan rapi dan mudah mencari data yang diperlukan menggunakan pengarsipan online salah satunya dropbox.

“Maka tim PkM Program Fisika Sainstek UPGRIP berinisiasi mengadakan PkM yang berupa penyuluhan dan workshop. SMAN Sungai Are OKU Selatan ini merupakan mitra kami dalam PkM hibah tahun 2022 ini kami juga masih bermitra sampai saat ini,” jelasnya.

Menurutnya, banyak manfaat melalui kegiatan ini yakni membantu guru dalam mengajar pada masa pandemi sehingga tujuan dan proses pembelajaran bisa terus terlaksana dengan baik.

Sementara itu, dihadapan para peserta yang terdiri dari guru siswa Ka. Subag Kemahasiswaan Joni Iswan, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa dengan ditandatanganinya MoU, MoA pada hari ini sudah menjadi bagian dari Universitas PGRI Palembang.

Lanjutnya, bahwa ditahun ini Universitas PGRI Palembang juga telah membuka 3 Program Studi baru yaitu Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif FKIP (S1), Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1) dan Sains Lingkungan Fakultas Saintek (S1). Dan Universitas PGRI Palembang memberikan beasiswa bagi guru dan anak guru, berupa diskon biaya kuliah baik S1 dan S2.

“Khusus Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Prodi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi dan Budidaya Ikan Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas PGRI Palembang memberikan kuota kuliah gratis. Juga tersedia beasiswa KIP untuk semua Program Studi,” jelasnya.

Selain itu, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 %.

Ditambahkan Joni, bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 25% serta bebas uang pendaftaran.

Dijenjang S-2, Universitas PGRI Palembang juga memiliki tiga prodi unggulan yakni Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Dan sebagai Cyber University, Universitas PGRI Palembang telah menerapkan teknologi dalam perkuliahan yakni dengan menggunakan Sisfo.

Dan berbagai terobosan, kemudahan dan diskon tersebut merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel Bapak H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua BPH PB PGRI pada Universitas PGRI Palembang Ibu Dr. Hj. Meilia Rosani, SH, M.H, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Bapak Dr. H Bukman Lian, MM, MSi., CIQaR,” terangnya.

Di tempat yang sama Kepala Sekolah SMA N Sungai Are OKU Timur Shanty Fitriany, S.Pd., M.M mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah memilih sekolahnya sebagai tempat pelaksanaan PkM.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah mengunjungi kami dalam rangka pelaksanaan PkM. Kegiatan penyuluhan ini semoga dapat membantu seluruh guru dan siswa diharapkan guru tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam membuat Dropbox dari google drive dan memanfaatkannya dalam pembelajaran,” pungkasnya.

1 Comment

  1. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2022/10/25/program-studi-fisika-fakultas-sainstek-upgrip-gelar-pkm-di-sman-sungai-are-okut/ […]

Comments are closed.

Kalender

October 2022
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kategori Post