Tingkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah, PPs Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan  

Tingkatkan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah, PPs Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan  

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR menyampaikan materi dalam pelatihan penulisan artikel Ilmiah untuk mahasiswa semester 3 Prodi Manajemen Pendidikan, Bahasa Indonesia, dan Prodi Bahasa Inggris yang berlangsung 25-26 November 2021.

Palembang, Humas_UPGRIP – Program Pascasarjana (PPs) Universitas PGRI Palembang kembali menggelar kegiatan pelatihan penulisan artikel Ilmiah untuk mahasiswa semester 3 Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan, Bahasa Indonesia, dan Prodi Bahasa Inggris yang berlangsung 25-26 November 2021.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, semua peserta dan tamu undangan diwajibkan menggunakan masker, sebelum memasuki ruangan para peserta juga diwajibkan untuk mencuci tangan, dan diukur suhu tubuh, dan jarak antar-peserta juga diatur.

Suasana pembukaan pelatihan penulisan artikel Ilmiah untuk mahasiswa semester 3 Prodi Manajemen Pendidikan, Bahasa Indonesia, dan Prodi Bahasa Inggris pascasarjana Universitas PGRI Palembang yang berlangsung 25-26 November 2021.

Dalam kegiatan pelatihan ini menghadirkan nara sumber utama dari Universitas Bengkulu Associate Prof Dr M Kristiawan, MPd dan dari Universitas  PGRI Palembang yaitu Rektor Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR serta Patricia HM Lubis, PhD.

Sedangkan nara sumber internal sekaligus pendamping dari Prodi Manajemen Pendidikan Dr Nur Ahyani, MPd dan Dr Happy Fitria, MPd, Dr Edi Harapan, MPd, Prodi Bahasa Inggris dan Prodi Bahasa Indonesia masing-masing Dr Tahrun, MPd dan Dr Darwin Efendi, MPd.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

Pelatihan penulisan artikel ilmiah ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris YPLP PT-PGRI Sumsel Drs Surmana, MM didampingi Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR dan Plt Direktur PPs Universitas PGRI Palembang Dr Syaiful Eddy, MSi, CIQnR di Aula H Aidil Fitri Syah Lantai 5 Gedung Business and Science Center, Selasa (25/11/2021).

Saat diwawancara awak media, Sekretaris YPLP PT-PGRI Sumsel Drs Surmana, MM menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap kegiatan-kegiatan dengan tujuan utama meningkatkan mutu pendidikan yang senada dengan motto dari Universitas PGRI Palembang ‘Melaju dengan Mutu’.

Dikatakan Surmana, kemampuan menulis sangat penting dimiliki mahasiswa untuk mengintrepresentasikan hasil penelitian dan pengetahuannya. Karena itu ia mengharapkan mahasiswa mengikuti pelatihan ini dengan serius.

Sekretaris YPLP PT-PGRI Sumsel Drs Surmana, MM.

“Melalui Kegiatan pelatihan ini saya berharap kemampuan menulis dari mahasiswa semakin meningkat sehingga dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas yang dapat di-publish di jurnal nasional hingga internasional,” harapnya.

Apresiasi juga disampaikan nara sumber utama dari Universitas Bengkulu Associate Prof Dr M Kristiawan, MPd.

Menurutnya, menulis bagi mahasiswa bukan hanya pelengkap ritualitas akademik semata, akan tetapi menjadi hal yang perlu ditelateni di dalam mengaktualisasikan kemampuan dan pengetahuannya.

Karena hasil karya tulis seorang mahasiswa merupakan wujud dari kreativitas dan pengetahuan yang dimiliki.

Untuk itu, Dr Kristiawan berbagi tips bahwa menulis artikel ilmiah harus didasari pada permasalahan yang menarik dan disukai penulis sehingga proses penelitian akan berjalan dengan lancar dan proses yang dilakukan berpedoman kepada struktur penulisan tulisan ilmiah dan template jurnal yang dituju.

Plt Direktur PPs Universitas PGRI Palembang Dr Syaiful Eddy, MSi, CIQnR.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR mengatakan, perguruan tinggi yang dipimpinnya terus melaju menunjukan eksistensinya dengan beragam prestasi.

Terbukti tiga tahun terakhir karya ilmiah dalam lingkungan Universitas PGRI Palembang mengalami peningkatan yang sangat baik dan sudah mendunia, dan saat ini Universitas PGRI Palembang menempati peringkat tiga dalam lingkungan LLDikti Wilayah II untuk Jurnal Terakreditasi SINTA (Science and Technology Index).

Hal ini dikarenakan mulai dari grade/tingkatan Sinta 6 hingga Sinta 3 Dosen dan mahasiswa kita telah  mencapainya.

“Hari ini seluruh mahasiswa membawa draft artikel untuk langsung dilakukan pengarahan dibantu dengan pendamping setiap program studi untuk menentukan arah artikelnya. Di samping mengikuti pelatihan mahasiswa langsung praktik. Target kita ke depan semua artikel akan kita publish di jurnal internasional,” harap Bukman Lian.

Suasana pelatihan penulisan artikel Ilmiah untuk mahasiswa semester 3 Prodi Manajemen Pendidikan, Bahasa Indonesia, dan Prodi Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas PGRI Palembang yang berlangsung 25-26 November 2021.

Di tempat yang sama, Plt Direktur Dr Syaiful Eddy, MSi, CIQnR mengungkapkan pelatihan penulisan artikel ilmiah ini merupakan agenda kerja Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang dengan tujuan utama memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah secara baik dan benar.

Tujuan lain melatih mahasiswa untuk terbiasa membuat karya-karya ilmiah karena keahlian dalam menulis sangat dibutuhkan ke depan, untuk meningkatkan suatu gagasan atau ide ke dalam hasil karya tulis yang dapat diketahui khalayak ramai.

“Setelah mengikuti pelatihan ini seluruh mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan karya ilmiah yang baik dan berkualitas untuk dapat dipublish pada jurnal-jurnal nasional maupun internasional terakreditasi,” katanya.

1 Comment

  1. […] Palembang, Humas_UPGRIP – Program Pascasarjana (PPs) Universitas PGRI Palembang kembali menggelar kegiatan pelatihan penulisan artikel Ilmiah untuk mahasiswa semester 3 Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan, Bahasa Indonesia, dan Prodi Bahasa Inggris yang berlangsung 25-26 November 2021. […]

Comments are closed.

Kalender

December 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Kategori Post