Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Menulis Tesis

Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Menulis Tesis

Suasana pelatihan penulisan tesis yang dipusatkan di Ruang 8 Lantai 3 Gedung PPs Universitas PGRI Palembang, Kamis (4/11/2021).

Palembang, Humas_UPGRIP – Sebanyak 18 mahasiswa Prograxm Pascasarjana (PPs) Universitas PGRI Palembang dari dua Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Bahasa Inggris serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengikuti pelatihan penulisan tesis.

Kegiatan pelatihan yang dipusatkan di Ruang 8 Lantai 3 Gedung PPs Universitas PGRI Palembang, Kamis (4/11/2021), diisi dengan nara sumber atau pemateri berjumlah empat orang yaitu Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

Suasana pelatihan penulisan tesis yang dipusatkan di Ruang 8 Lantai 3 Gedung PPs Universitas PGRI Palembang, Kamis (4/11/2021).

Pemateri lainnya Plt Direktur PPs Universitas PGRI Palembang Dr Syaiful Eddy, MSi, CIQnR, Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang Dr Dessy Wardiah, MPd, CIQaR, dan dosen Magister Pendidikan Bahasa Inggris Dr. Tahrun, M.Pd

Turut hadir dalam acara pembukaan pelatihan penulisan tesis tersebut, Assisten Direktur (Asdir) PPs Dr Mulyadi, MA, Kabag TU RM Sulaiman, MPd, Kassubag Akademik Dr Achmad Wahidy, MPd, para Ketua Prodi, dan para pengelola di lingkungan PPs Universitas PGRI Palembang serta para mahasiswa PPs.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

Ketua pelaksana kegiatan, Dr Mulyadi, MA menjelaskan tujuan pelatihan penulisan tesis ini agar mahasiswa PPs dapat merancang, menyusun, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian berupa tesis dengan baik.

Menurut Mulyadi, kegiatan pelatihan tesis ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang komprehensif kepada mahasiswa guna menyusun tesis dengan baik sesuai dengan pedoman penulisan tesis pada PPs Universitas PGRI Palembang.

Plt Direktur PPs Universitas PGRI Palembang Dr Syaiful Eddy, MSi, CIQnR.

Dikatakannya, peserta pelatihan penulisan tesis sebanyak 18 mahasiswa PPs dengan rincian Magister Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak enam orang dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 12 peserta.

Sementara itu, Plt Direktur PPs Universitas PGRI Palembang Dr Syaiful Eddy, MSi., CIQnR menyampaikan dalam membuat tesis mahasiswa dianjurkan untuk menggunakan bahasa sendiri sehingga akan jauh dari kata plagiat.

“Membuat tesis harus menggunakan bahasa sendiri, hingga akan jauh dari kata plagiat,” tandas Syaiful Eddy.

Assisten Direktur (Asdir) PPs Universitas PGRI Palembang Dr Mulyadi, MA.

Menurut Syaiful Eddy, penelitian harus menarik juga bersifat provokatif dalam arti positif.

Penelitian yang bagus adalah penelitian yang menarik untuk dibaca dan dipelajari. Untuk itu tentu butuh kemampuan bagi mahasiswa dalam mengidentifikasi masalah yang aktual.

Syaiful Eddy menyarankan lebih baik mahasiswa melakukan penelitian dengan masalah yang ada di sekitar agar dapat dengan mudah mengakses data yang diperlukan, juga mempunyai manfaat baik untuk institusi maupun tempat di mana mereka bekerja.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan anugerah-Nya.

Suasana pelatihan penulisan tesis yang dipusatkan di Ruang 8 Lantai 3 Gedung PPs Universitas PGRI Palembang, Kamis (4/11/2021).

Rektor juga mengucapkan selamat kepada Plt Direktur PPs dan jajarannya atas terlaksananya kegiatan ini.

Dia berpesan agar semua mahasiswa dapat mengikutinya dengan baik, dan nantinya dapat menyelesaikan tesis dengan baik dan cepat serta dapat menyelesaikan studi S2 tepat waktu.

Rektor mengatakan, untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya plagiat dalam pembuatan tesis, Universitas PGRI Palembang telah menyediakan mesin turnitin sejak dua tahun terakhir.

Menurut Rektor, mesin turnitin ini bisa mengetahui apakah ada plagiat atau tidak pada tugas mahasiwa tersebut.

“Kita siapkan mesin Turnitin internasional. Artinya dari mana saja mereka ambil sumber informasi di dunia ini akan ketahuan sebab mesin tersebut bisa melacak di seluruh dunia,” ujar Bukman.

Suasana pelatihan penulisan tesis yang dipusatkan di Ruang 8 Lantai 3 Gedung PPs Universitas PGRI Palembang, Kamis (4/11/2021).

Sehubungan dengan kegiatan ini, salah satu peserta pelatihan penulisan tesis Desilia Kurniawati dari Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris memberikan tanggapan yang positif.

Dia mengaku senang dan mendapatkan informasi serta pengalaman yang berguna dalam rangka menyelesaikan penulisn tesis nantinya.

“Dengan adanya pelatihan penulisan tesis ini para peserta merasa lebih yakin serta siap untuk menyelesaikan studi mereka tepat waktu,” ujarnya.

1 Comment

  1. aksara178
    January 18, 2024 at 7:45 pm

    … [Trackback]

    […] Here you can find 68457 additional Information to that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2021/11/10/universitas-pgri-palembang-gelar-pelatihan-menulis-tesis/ […]

Comments are closed.

Kalender

November 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Kategori Post