Tingkatkan Motivasi Dosen, Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian

Tingkatkan Motivasi Dosen, Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR memukul gong tanda dibukanya pelatihan penyusunan proposal penelitian hibah Kemendikbudristek.

Palembang, Humas_upgrip – Untuk terus memotivasi dosen di lingkungan Universitas PGRI Palembang dalam mengikuti program penelitian dari Kemendikbudristek serta memberikan pengetahuan juga membuka wawasan secara keilmuan, LPPKM Universitas PGRI Palembang menggelar pelatihan penyusunan proposal penelitian hibah Kemendikbudristek.

Pelatihan yang mengambil tema ‘Kiat Lolos hibah penelitian tahun anggaran 2022’ menghadirkan nara sumber yang berkompeten yakni Prof Dr Iskhaq Iskandar, MSc yang merupakan  Guru Besar Fisika Universitas Sriwijaya.

Suasana pelatihan yang berlangsung dua hari pada Rabu dan Sabtu (1-4/9/2021) yang diikuti seluruh dosen di lingkungan kampus Universitas PGRI Palembang yang dilakukan secara Hybrid dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan melalui zoom meeting.

Pelatihan yang berlangsung dua hari pada Rabu dan Sabtu (1-4/9/2021) diikuti oleh seluruh dosen di lingkungan kampus yang dilakukan secara Hybrid (luring dan daring) dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan melalui zoom meeting.

Ketua Panitia Kegiatan, Dr Rohana, MPd dalam laporannya menjelaskan, Universitas PGRI Palembang saat ini berada di klaster madya.

Suasana pembukaan pelatihan yang berlangsung dua hari pada Rabu dan Sabtu (1-4/9/2021) yang diikuti seluruh dosen di lingkungan kampus Universitas PGRI Palembang yang dilakukan secara Hybrid dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan melalui zoom meeting.

Menurutnya, terdapat beberapa penyesuaian seperti tidak bisa lagi pengajuan proposal skema penelitian dosen pemula (PDP) karena sudah berada di klaster madya.

Kemudian, adanya perubahan syarat  menjadi ketua pengusul harus memiliki rekam jejak publikasi minimal dua artikel di database terindeks bereputasi sebagai penulis pertama atau corresponding author.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

Untuk itu Dr Rohana berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan jumlah proposal yang lulus pada hibah penelitian Kemendikbud Ristek pendanaan tahun 2022 baik untuk kategori kompetitif nasional maupun desentralisasi.

Sementara itu, Narasumber Pelatihan Prof Dr Iskhaq Iskandar, MSc saat diwawancara menjelaskan dalam melakukan penelitian tidak bisa dilakukan secara cepat melainkan harus melalui tahapan-tahapan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Narasumber yang juga Guru Besar Fisika Universitas Sriwijaya, Prof Dr Iskhaq Iskandar, MSc.

Dikatakannya, penelitian tidak dibangun dalam rentan waktu satu atau dua hari, akan tetapi dalam hitungan tahun, dimulai dari melakukan penelitian yang kecil seperti halnya membangun sebuah bangunan dimulai dari dasar, kerangka hingga menjadi bangunan sepenuhnya.

“Dalam melakukan penelitian terapkan kerja keras dan kerja cerdas. Yang dimaksud kerja keras adalah gigih dan disiplin dalam meneliti sebuah permasalahan hingga mendapatkan kesimpulan, diiringi dengan kerja cerdas dengan menfaatkan hasil penelitian untuk melakukan penelitian berikutnya. Karena penelitian yang baik adalah penelitian yang terus berkelanjutan,” jelas Prof Iskhaq Iskandar.

Kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang yang juga Ketua Panitia Kegiatan Dr Rohana, MPd.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR memberikan support kepada seluruh dosen di lingkungan kampus untuk terus meningkatkan pengetahuan dan membuka wawasan tentang kiat sukses bagaimana bisa mendapatkan proposal penelitian hibah Kemendikbud Ristek agar dapat meningkatkan  jumlah proposal penelitian hibah Kemendikbud Ristek yang lolos.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR berfoto bersama dengan nara sumber dan pejabat Universitas PGRI Palembang.

“Semua dosen di lingkungan Universitas PGRI Palembang harus terlibat dalam hibah penelitian bukan hanya dari Kemendikbud Ristek tetapi hibah penelitian dari belahan dunia luar,” kata Bukman Lian. (rel)

Kalender

September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori Post