UPGRI Gelar Workshop Kurikulum dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

UPGRI Gelar Workshop Kurikulum dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

PALEMBANG, Humas_UPGRIP – Universitas PGRI Palembang yang tak ingin hanya slogan Melaju dalam Mutu namun dalam realitanya senantiasa menunjukkan eksistensi komitmen, kali ini menggelar Workshop Kurikulum dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang digelar dua hari (16– 17 Juli 2021) bertempat di Aula Lt 5 Gedung Business and Science Center UPGRI Palembang, Jumat (16/7).

Workshop yang dibuka resmi oleh Rektor UPGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian,M.M.,M.Si.,CIQaR dengan ditandai pemukulan gong disaksikan Wakil Rektor I Dr Yasir Arafat,S.E.,M.M.,CIQaR, Wakil Rektor III, Sukardi, M.Pd ini diikuti jajaran pimpinan di lingkungan UPGRI Palembang seperti para dekan, wakil dekan, ketua jurusan, ketua program studi serta beberapa pejabat lainnya.

Dr. Yasir Arafat,S.E.,M.M.,CIQaR selaku Ketua Panitia pada kesempatan ini melaporkan Program pembelajaran Kampus Merdeka dalam keberadaannya memerlukan rancangan pelaksanaan evaluasi yang dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Kebutuhan ilmu pengetahuan teknologi dan seni serta potensi yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun pengguna lulusan perguruan tinggi. “Oleh karena itu kegiatan ini kita menggelar workshop ini bertujuan untuk menambah pemahaman para stakeholder di lingkungan Universitas PGRI Palembang khususnya para ketua program studi yang akan merekonstruksi kurikulum kita di program studi masing-masing sehingga kurikulum tersebut sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ujar Yasir seraya menambahkan  narasumber pada hari ini secara daring adalah Bapak Dr Muhammad Rohmadi, S.S.,M.Hum dengan dimoderatori Dr Dessy Wardiah,M.Pd., CIQaR  yang juga sebagai Dekan FKIP UPGRI Palembang.

Adapun peserta workshop sebanyak 148 orang namun kegiatan ini dilakukan secara daring dan luring. Artinya ada sebagian besar secara daring dan secara luring. “Peserta hanya ada sekitar 50 -an orang di dalam ruangan ini yang sebenarnya kapasitasnya lebih dari 600 orang. Namun karena kita mengikuti prokes maka sebagian besar diikutsertakan secara daring.  Diharapkan dengan mengikuti workshop ini dapat terselesaikan kurikulum setiap program studi di lingkungan Universitas PGRI . Hal ini karena sesuai dengan peraturan kebijakan Kementerian, kurikulum harus sudah terlaksana pada tahun akademik 2020/2021 ,” tambah Yasir.

Rektor UPGRI Palembang, Dr. H.Bukman Lian,M.M.,M.Si.,CIQaR dalam sambutannya mengatakan tujuan digelarnya workshop dalam rangka Pendamping dalam penyelesaian kurikulum. “Kita mengandeng Pak Rohmadi supaya mendapat pengetahuan terkait penyusunan kurikulum Merdeka Belajar. Kepengen matching  antara narasumber ini dengan keinginan kita untuk memperbaiki kurikulum. Bahwa sesuai dengan peraturan pemerintah, sesuai dengan visi misi Presiden yang tadi beliau paparkan maka harus diturunkan di sebuah perguruan tinggi. Perguruan tinggi UPGRI ini, saya tahun 2017 akhir mengemban jabatan Rektor, memiliki visi misi harus mampu menciptakan manusia Indonesia yang multitalenta. Sebuah perguruan tinggi kalau untuk menciptakan sebuah manusia talenta memiliki pedoman yang namanya kurikulum. Artinya kalau kita mau melihat bagaimana bentuk manusia yang akan dihasilkan generasi muda ke depan oleh sebuah lembaga pendidikan tinggi maka lihat dulu kurikulumnya,” ujar Bukman.

Menurutnya, kurikulum itu harus dibuat sinergis antara kebutuhan masyarakat, kebutuhan mahasiswa, kebutuhan lembaga, kebutuhan negara, maka saat ini 1 kurikulum yang baik adalah memenuhi berbagai aspek tadi, berbagai indikator utama. “Maka Universitas PGRI ini  memiliki 8 indikator utama yang saya paparkan tadi. Harapan saya 100% akan mulai berjalan 11 September 2021, “ tambah Bukman.

Di sela workshop sempat dibuat kejutan oleh panitia pelaksana yaitu momen pemberian ucapan selamat ulang tahun kepada Rektor UPGRI Palembang, Bukman Lian. Tak hanya pemberian kue ulang tahun lengkap dengan lilinnya yang dipersembahkan salah satu relasi UPGRI Palembang yaitu Bank BRI, juga pada kesempatan ini meski via zoom, narasumber Dr Muhammad Rohmadi, S.S.,M.Hum sempat mempersembahkan puisi pujian terhadap keberadaan Dr H Bukman Lian,M.M.,M.Si.,CIQaR. Sebalknya dengan mata berkaca Rektor sempat tersendat mengucapkan kata-kata saking terharu karena mendapat kejutan. “Seumur hidup saya jarang mendapatkan kue ulang tahun seperti ini. Terima kasih buat semuanya terutama persembahan puisi oleh Pak Rohmadi tadi,” ujar Bukman terharu. (sf)

Foto-foto: Para peserta workshop, serta via zoom Dr Muhammad Rohmadi,S.S.M.Hum menyajikan materi workshop yang akan digelar selama dua hari 16-17 Juli 2021.

Kalender

July 2021
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori Post