Perkuat Sistem Pembelajaran Daring, Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan E-Learning untuk Dosen

Perkuat Sistem Pembelajaran Daring, Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan E-Learning untuk Dosen

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR menjelaskan materi dalam pelatihan E-Learning bagi dosen di lingkungan kampus yang dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Palembang, Sumselupdate.com – Guna memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para dosen dalam merencanakan dan mengoperasikan perkuliahan dalam jaringan serta memperkuat sistem pembelajaran dan  pemanfaatan E-Learning sisfo secara optimal dalam perkuliahan daring, Universitas PGRI Palembang Gelar pelatihan E-learning bagi dosen di lingkungan kampus.

Pelatihan E-Learning dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dilaksanakan selama dua hari Rabu dan Kamis (3-4 Maret) dibagi menjadi dua sesi yang diikuti 195 dosen.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR memukul gong tanda dibukanya kegiatan pelatihan E-learning bagi dosen di lingkungan kampus yang dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Ratusan peserta ini dibagi dua sesi. Untuk sesi pertama diikuti 124 peserta dan 71 dosen lainnya mengikuti kegiatan pada sesi kedua di Aula H  Aidil Fitri Syah Gedung Business & Science Center Universitas PGRI Palembang.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR usai membuka kegiatan yang ditandai dengan pemukulan gong menegaskan perguruan tinggi yang dipimpinnya menyesuaikan kemajuan teknologi era revolusi Industri 4.0 menyongsong era society 5.0 dengan menyiapkan sarana dan prasarana serta peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia.

CEO CV Loko IT Solution Ahmad Mutakin Bakti, MKom.

“Saat ini kita pada posisi percepatan, peningkatan kompetensi sumberdaya manusia karena sarana dan prasarana yang kita miliki sudah cukup,” kata Bukman Lian.

Rektor mengatakan, saat ini penilaian Learning Management System (LMS) Universitas PGRI Palembang  sudah masuk dalam peringkat sepuluh besar se-Indonesia dan untuk Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) wilayah II berada di peringkat kedua.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR.

Dijelaskan Bukman, pencapaian ini belum maksimal  karena pihaknya menginginkan Universitas  PGRI Palembang berada di peringkat pertama untuk Sumatera Selatan dan masuk lima besar se-Indonesia.

Salah satu upaya untuk mencapai target tersebut dengan melakukan pelatihan seperti ini.

“Sehingga tujuan Universitas PGRI Palembang menjadi cyber University dapat terwujud, dan Saat ini Unversitas PGRI Palembang tengah menyiapkan sistem MOOC (Massive Open Online Course) yakni sistem pembelajaran online berskala besar dan terbuka yang memungkinkan mahasiswa Universitas PGRI Palembang mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi lain secara daring, sebaliknya mahasiswa dari perguruan tinggi lain juga dapat mengikuti pembelajaran di Universitas PGRI secara daring,” jelas Rektor.

Ketua Panitia Pelatihan sekaligus Kabiro Perencanaan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BPAAM), Dr Misdalina, MPd.

CEO CV Loko IT Solution Ahmad Mutakin Bakti, MKom mengakui jika infrastruktur IT yang dimiliki Universitas PGRI Palembang sangat bagus mulai dari fasilitas IT yang mumpuni dan ditunjang dengan sistem-sistem sesuai dengan rencana strategis Rektor juga telah memiliki SISFO yang telah terintegrasi dengan berbagai sistem misalnya E-Learning, Administrasi, validasi KRS (Kartu Rencana Studi)

Menurut Ahmad Mutakim, mahasiswa Universitas PGRI Palembang sudah lebih mudah karena dilengkapi dengan PIN (Penomoran Ijazah Nasional) sehingga semua mahasiswa Universitas PGRI Palembang terdaftar data valid di Pangkalan data pendidikan tinggi (PD Dikti).

Kepala Divisi IT Universitas PGRI Palembang M Najib, SKom.

“Untuk urutan kesempurnaan saat ini Universitas PGRI Palembang telah mendekati, karena saat ini dalam proses pembenahan ditata kelola akademik, tata kelola aset dan keuangan, tata kelola SDM dan sistem akreditasi sehingga nantinya semua akan dikelola melalui sistem tidak manual lagi, menuju Cyber University,” ucapnya.

Para dosen Universitas PGRI Palembang semangat mengikuti kegiatan pelatihan E-learning bagi dosen di lingkungan kampus yang dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Panitia Pelatihan Dr Misdalina, MPd menjelaskan Universitas PGRI Palembang telah memiliki suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar yakni SISFO.

Untuk mengoptimalkan hal tersebut maka dilakukan pelatihan karena pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 setiap dosen dalam perkuliahan harus menggunakan E-Learning.

CEO CV Loko IT Solution Ahmad Mutakin Bakti, MKom menjelaskan materi kegiatan pelatihan E-learning bagi dosen di lingkungan kampus yang dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dikatakan Misdalina dalam pelatihan ini menghadirkan narasumber dari internal Universitas PGRI Palembang serta eksternal.

“Kegiatan pelatihan ini  dibagi dua sesi dengan nara sumber di antaranya Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, CIQaR, CEO CV Loko IT Solution Ahmad Mutakin Bakti, MKom, Kepala Divisi IT Universitas PGRI Palembang M Najib, SKom, Dr Misdalina, MPd, Dr Nila Kesumawati, MSi, Asnurul Isroqmi, ST, MKom, Ermini, SH, MM serta Dina Octaria, SSi, MPd,” jelas Misdalina

4 Comments

  1. white cherry runtz strain
    December 16, 2023 at 6:37 pm

    … [Trackback]

    […] There you will find 71430 more Information on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2021/03/11/perkuat-sistem-pembelajaran-daring-universitas-pgri-palembang-gelar-pelatihan-e-learning-untuk-dosen/ […]

  2. Wedding Planner Thailand
    December 30, 2023 at 2:25 am

    … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2021/03/11/perkuat-sistem-pembelajaran-daring-universitas-pgri-palembang-gelar-pelatihan-e-learning-untuk-dosen/ […]

  3. best site
    February 13, 2024 at 5:33 pm

    … [Trackback]

    […] Read More on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2021/03/11/perkuat-sistem-pembelajaran-daring-universitas-pgri-palembang-gelar-pelatihan-e-learning-untuk-dosen/ […]

  4. … [Trackback]

    […] Read More on on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2021/03/11/perkuat-sistem-pembelajaran-daring-universitas-pgri-palembang-gelar-pelatihan-e-learning-untuk-dosen/ […]

Comments are closed.

Kalender

March 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Kategori Post