Dosen Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar PkM dan Sosialisasi di SMAN 3 Sekayu

Dosen Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar PkM dan Sosialisasi di SMAN 3 Sekayu

Suasana Pengabdian kepada Masyarakat atau PkM terhadap guru dan siswa yang dipusatkan di Aula SMAN 3 Sekayu Kabupaten Muba, Sabtu (2/12/2020).

Palembang, humas-upgrip – Guna mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan memelihara lingkungan sekolah melalui kegiatan Recycle, Reuse, Reduce, Replace, dan Replant penduduk, dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang memberi pengarahan kepada guru dan siswa SMAN 3 Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Provinsi Sumatera Selatan.

Pengarahan kepada guru dan siswa ini diwujudkan dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dipusatkan di Aula SMAN 3 Sekayu, Muba, Sabtu (2/12/2020).

Sebelum pelaksanaan PkM, digelar penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi diwakili oleh Wakil Rektor II Dr Yasir Arafat, SE, MM  dan Kepala SMAN 3 Sekayu, Ida Riyani, SPd, MSi.

Nota kesepahaman yang diteken mencakup tiga bidang yakni pendidikan, penelitian, dan bidang PkM.

Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM dan Kepala SMAN 3 Sekayu, Ida Riyani, SPd, MSi menandatangani berkas MoU.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang II, Dr Yasir Arafat, SE, MM mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas penerimaan beserta sambutan yang begitu hangat dan penuh kekeluargaan dari Kepala SMAN 3 Sekayu beserta dewan guru.

Selanjutnya, Yasir memperkenalkan rombongan satu persatu serta menyampaikan maksud dan tujuan nota kesepahaman tersebut.

Yasir  menyampaikan bahwa MoU ini meliputi Tri Darma Perguruan Tinggi yang mencakup pengajaran, penelitian, dan PkM.

Dikatakan Yasir, penandatanganan MoU ini merupakan bentuk kepedulian Universitas PGRI Palembang dalam bidang pendidikan.

Ia mengatakan, kerja sama tersebut sangat diperlukan mengingat guru dan siswa-siswi yang terkadang masih kesulitan untuk meneruskan pendidikan baik itu pada jenjang Strata 1 (S1) maupun Strata 2 (S2), dengan banyak pertimbangan antara lain bingung memilih jurusan.

Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM dan Kepala SMAN 3 Sekayu, Ida Riyani, SPd, MSi menunjukkan berkas MoU yang sudah ditandatangani.

Pada kesempatan itu, Yasir menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumsel.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran.

Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon uang kuliah sampai 50 persen.

Ditambahkan Yasir bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan diskon atau keringanan SPP sampai 25 persen.

Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM memberikan cindera mata kepada Kepala SMAN 3 Sekayu, Ida Riyani, SPd, MSi.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, berbagai kemudahan dan diskon yang diberikan merupakan kebijakan bersama Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Sekayu Ida Riyani, SPd, MSi mendukung semua bentuk kegiatan guna peningkatan sumberdaya manusia dan peningkatan prestasi siswa melalui penyaluran siswa ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Ida Riyani berharap kegiatan seperti ini tidak hanya kegiatan sesaat saat ini saja, akan tetapi ada kesinambungan dan berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan PkM, Mega Kusuma Putri, SPd, MPd mengatakan, tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan PkM ini adalah agar siswa mampu mengaplikasikan 5R dalam kehidupan sehari-hari dan membantu mengurangi kerusakan lingkungan.

Dia berharap setelah mengikuti kegiatan PkM ini siswa dapat lebih menghargai lingkungan, menambah pengetahuan siswa dalam mengelolah, memanfaatkan dan mengubah sesuatu yang dianggap tidak layak menjadi sesuatu yang berguna.

Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, SE, MM, Kepala SMAN 3 Sekayu, Ida Riyani, SPd, MSi, tim dosen, dan para guru berfoto bersama.

Dalam kegiatan PkM ini melibatkan dua mahasiswa semester lima dari Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang, Rapiin  dan Risky Kurnia Bayu.

Sedangkan narasumber dalam PkM ini adalah Kiki Aryaningrum, MPd dan Mega Kusuma Putri, MPd dengan tema materi ‘Pentingnya Menjaga dan Melestarikan Lingkungan Sekolah’.

Sedangkan Maharani Oktavia, M.Sc. dan Helfa Septinar, MSi menyampaikan materi mengenai ‘Pemahaman Tentang Konsep 5 R bagi Siswa’.

Eni Heldayani, MSc dan Nuranisa, MPd dengan materi ‘Melestarikan dan Memelihara Lingkungan Sekolah dengan Implementasi Konsep 5R’.

Pada kegiatan PkM tersebut, Tim doses dan mahasiswa melakukan materi praktek 5R, pembuatan Poster 5R, dan Go Green bagi siswa

Kalender

February 2021
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Kategori Post