Ikuti Prokes Covid-19, Dosen Prodi Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar PkM di SMAN 1 Inderalaya Utara

Ikuti Prokes Covid-19, Dosen Prodi Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar PkM di SMAN 1 Inderalaya Utara
Gambar Gravatar

admin1Selasa, 3 November 2020

Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang Drs Sukardi, MPd dan Kepala SMA Negeri 1 Inderalaya Utara, Drs Thohir Hamidi, MSi menunjukkan berkas nota kesepahaman yang sudah ditandatangani.

Palembang, humas pgri – Dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang melakukan salah satu Tri Darma perguruan tinggi, yaitu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 1 Unggulan Inderalaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Senin (26/10/2020).

Di sela kegiatan PkM yang mengikuti protokol kesehatan (prokes) Covid-19 tersebut, digelar penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang dan SMA Negeri 1 Inderalaya Utara.

Nota kesepahaman ini ditandatangani Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dan Kepala SMA Negeri 1 Inderalaya Utara, Drs Thohir Hamidi, MSi.

Selain itu, dilakukan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), yang disampaikan langsung oleh Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA.

Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd dan Kepala SMA Negeri 1 Inderalaya Utara, Drs Thohir Hamidi, MSi serta pejabat dua lembaga berfoto bersama.

Koordinator PkM Zahruddin Hodsay, SPd, MM menjelaskan, kegiatan PkM ini mengusung tema ‘Pelatihan Ekonomi dan Manajemen Keuangan pada Perusahaan Jasa’.

Pada PkM ini menghadirkan enam nara sumber dari dosen Universitas PGRI Palembang. Mereka adalah Zahruddin Hodsay, SPd, MM,  M Toyib, MPd, Riswan Aradea, SP, MM,  Erma Yulaini, SPd, MSi, Nuryanti Permatasari, SE, MM, dan Depi Pramika, SPd, MSi.

Hadir juga empat mahasiswa sebagai tim pendukung yaitu Dandi Pakpahan, Abdul Latif Yuspandi P, Jelika Prastika, dan Rani Tiara.

“Walau masih dalam suasana Covid-19, peserta yang terdiri dari 30 siswa dan 10 guru sangat antusias mengikuti paparan dan diskusi hingga acara berakhir. Apalagi disediakan give away bagi para peserta yang mengajukan pertanyaan dan jawaban terbaik,” jelas Zahruddin Hodsay.

Zahruddin Hodsay menambahkan materi-materi yang disampaikan para dosen antara lain transaksi ekonomi dan pencatatannya pada perusahaan jasa, ayat jurnal penyesuaian atas transaksi perusahaan jasa.

Suasana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat atau PkM di SMA Negeri 1 Unggulan Inderalaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Senin (26/10/2020).

Materi lain pengembangan produk kopi lokal sebagai salah satu usaha bisnis prosfektik dan iovatif, manajemen reward kepada siswa dalam pembelajaran ekonomi, pembuatan laporan keuangan pada kegiatan kewirausahaan siswa, dan analisis ratio laporan keuangan pada perusahaan jasa.

Menanggapi pertanyaan siswa kelas XII tentang apa keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan, Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menjelaskan, selain terakreditasi B, juga dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumatera Selatan.

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan cyber university dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

“Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 50 persen,” jelas Sukardi.

Suasana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat atau PkM di SMA Negeri 1 Unggulan Inderalaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Senin (26/10/2020).

Sementara itu, Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA menambahkan bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia,” jelas Mulyadi.

Kalender

November 2020
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori Post