1.485 Mahasiswa Universitas PGRI Palembang Ikuti Pembekalan KKN/KKL Secara Virtual

1.485 Mahasiswa Universitas PGRI Palembang Ikuti Pembekalan KKN/KKL Secara Virtual
Gambar Gravatar

Suasana pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN)/Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun Akademik 2020/2021 secara virtual melalui aplikasi Zoom, Sabtu (31/10/2020).

Palembang, – Sebanyak 1.485 mahasiswa Universitas PGRI Palembang mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN)/Kuliah Kerja Lapangan  (KKL) tahun Akademik 2020/2021 secara virtual melalui aplikasi Zoom, Sabtu (31/10/2020).

Kegiatan ini dihadiri Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, Wakil Rektor bidang III, Drs Sukardi, MPd, Dekan, dan Dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN Mahasiwa.

Kepala Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd menjelaskan, tahun ini berada pada masa Pandemi Covid-19.

Maka dari itu, Rohana berpesan kepada seluruh mahasiswa yang ikut KKN/KKL harus mematuhi protokol kesehatan di mana pun berada.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Dikatakan Rohana, KKN kegiatan mengimplementasikan/mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) yang dilakukan oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai latar belakang keilmuan (lintas disiplin ilmu).

Tujuan dari KKN dalam rangka membantu memecahkan masalah dan mengembangkan potensi pembangunan di desa/daerah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sedangkan kegiatan KKL, menurut Rohana, merupakan kegiatan intrakurikuler yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas PGRI Palembang secara langsung di lapangan untuk mempelajari bidang administrasi dan bidang lain yang relevan dengan program studi serta untuk menyumbangkan keterampilan dan ilmu pengetahuan yang dimiliki mahasiswa.

Dikatakannya, kegiatan ini dimulai tanggal 9 November sampai dengan 19 Desember 2020 dengan tema ‘Merajut Asa Membangun Daerah’.

Kepala Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd.

Rohana menjelaskan jika keterpaduan pembelajaran mata kuliah dengan Tri Dharma perguruan tinggi menjadi prinsip dasar pengintegrasian KKN/KKL dengan PkM dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah capaian pembelajaran.

Penyelenggaraan KKN/KKL daring yang dilakukan dari domisili masing-masing ini menjadi sesuatu yang istimewa.

Dijelaskan Rohana lagi, sebanyak 1.485 mahasiswa yang terdiri dari 345 KKL dan 1.140 KKN dibagi ke dalam empat Provinsi, yakni Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, dan Lampung

Para mahasiswa ini  akan diterjunkan ke-27 kabupaten/kota di antaranya Palembang, Ogan Ilir, Banyuasin, Musi banyuasin, Ogan Komering Ilir,Muara Enim, Prabumulih, Ogan komering Ulu, Ogan komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur.

Kemudian, Penukal Abab Lematang Ilir, Empat Lawang, Pagaralam, Lahat, Lubuk Linggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Bnagka Barat, Pangkal Pinang, Bangka, Bangka Tengah. Bengkulu, Kepahiang, Rejang Lebong, Way Kanan, dan Tulang Bawang.

Jumlah peserta KKN tersebar di 4 Provinsi (Sumatera Selatan sebanyak 1.089 orang, Bangka Belitung sebanyak 44 orang, Bengkulu sebanyak 5 orang, dan Lampung sebanyak 2 orang).

Suasana pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN)/Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun Akademik 2020/2021 secara virtual melalui aplikasi Zoom, Sabtu (31/10/2020).

Adapun dalam pembekalan ini ada empat narasumber, yakni Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyampaikan materi tentang Etika Pelaksanaan KKL/KKN di masa Pandemi.

Dekan Fakultas Teknik Adiguna, ST, MSi dengan materi bertajuk Administrasi Perkantoran, Kepala LPPKM, Dr Rohana membawakan materi berjudul Pedoman Pelaksanaan KKL/KKN, dan  Kepala BPAAM Dra. Misdalina, M.Pd memaparkan materi tentang Administrasi Sekolah.

Pada kesempatan itu, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr Bukman Lian, MM, MSi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kegiatan di luar kampus adalah cara paling efektif untuk pembelajaran.

Kalender

November 2020
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Kategori Post