Universitas PGRI Palembang Tuan Rumah Webinar Pencak Silat Road to Olympic

Universitas PGRI Palembang Tuan Rumah Webinar Pencak Silat Road to Olympic

Palembang, – Universitas PGRI Palembang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan seminar online (webinar) Pencak Silat Road to Olympic yang dilaksanakan mulai tanggal 28 Juli sampai dengan 29 Agustus 2020.
Webinar ini dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yang diwakili Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora RI, Sri Wahyuni, ST, MSc, Selasa (28/7).
Pembukaan kegiatan webinar ini yang diikuti mantan atlet dan pelatih senior pencak silat dari 20 provinsi di Indonesia dan delapan negara ini dihadiri Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Dr Dessy Wardiah, MPd, dan undangan penting lainnya.

Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora RI, Sri Wahyuni, ST, MSc dalam sambutannya menyatakan sangat berterima kasih kepada Universitas PGRI Palembang karena sudah bersedia mensupport kegiatan yang sangat berpengaruh besar terhadap keberadaan pencak silat di kancah event dunia, Olimpiade mendatang.
“Atas nama pemerintah dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga, saya mengucapkan terima kasih atas support keluarga besar Universitas PGRI Palembang terhadap event besar ini. Semoga apa yang menjadi tujuan dapat tercapai,” harap Sri Wahyuni.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyampaikan Universitas PGRI Palembang memiliki fakultas dengan Program Studi Pendidikan Jasmani dan ada kegiatan wajib yang diberikan yaitu pencak silat.
Rektor mengatakan, kegiatan webinar ini untuk memperkenalkan pencak silat bisa masuk dalam Olimpiade.
Melalui kegiatan webinar Road to Olympic ini juga, akhirnya ditemukan persoalan, langkah, dan jalan keluar serta persiapan bagi perguruan tinggi yang konsen terhadap olahraga pencak silat melalui program studi olahraga, sehingga pencak silat diterima di event olahraga akbar se-dunia itu.
Pada kesempatan itu, Bukman mengatakan, Universitas PGRI Palembang di berbagai event olahraga selalu mengukir prestasi.
Ketua Pelaksana Webinar Pencak Silat Road to Olympic, Bayu Iswana, MOr.

“Dua tahun terakhir ini, Universitas PGRI Palembang sudah melangkah mendunia melalui dunia cyber. Sehingga dengan kegiatan pencak silat yang saat ini juga bisa dilakukan virtual. Suatu perguruan tinggi yang memiliki program studi olahraga maka wajib memperdalam berbagai bidang olahraga. Tak hanya olahraga dari negara luar, akan tetapi pencak silat yang merupakan olahraga Indonesia harus dipelajari dan dikenal mendalam,” ujar Bukman.
Di tempat yang sama, Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Dr Dessy Wardiah, MPd mengatakan kegiatan yang dilaksanakan melalui Program Studi Olahraga ini bertujuan selain mempromosikan pencak silat Road to Olympic, juga melihat peluang perolehan medali emas di ajang Olimpiade mendatang.
“Karena pesertanya bukan saja dari akademisi, akan tetapi juga praktisi dengan melibatkan banyak pihak seperti dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, berbagai perguruan tinggi, praktisi pencak silat yang bukan saja nasional namun ada sekitar delapan negara yang terlibat dalam webinar ini sebagai bukti bahwa webinar ini mempunyai tujuan yang besar,” kata Dessy.

Sedangkan Ketua Pelaksana Webinar Pencak Silat Road to Olympic, Bayu Iswana, MOr mengatakan, kegiatan ini disupport oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Universitas Muhammadiyah Kaltim, Sentra Pembinaan Atlet Merpati Putih Jawa Barat, dan Sport-5.
“Universitas PGRI Palembang sebagai tuan rumah kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian. Masyarakat Indonesia merindukan adanya event seperti ini dalam rangka memperjuangkan pencak silat benar-benar bisa masuk ke Olimpiade dan ini artinya peluang besar mendapatkan medali emas di ajang itu. Dukungan Rektor Universitas PGRI Palembang terhadap kegiatan ini sangat luar biasa. Universitas PGRI Palembang merupakan kampus pertama di Indonesia yang melaksanakan kegiatan ini,” kata Bayu Iswana.
Bayu Iswana mengatakan, adapun peserta webinar ini dari berbagai latar belakang di antaranya juara dunia, juara Asian Games, juara SEA Games, pelatih SEA Games, pelatin PON, POMNAS, pelatih muda baik dari dalam maupun luar negeri.
Untuk jumlah peserta webinar sebanyak 120 orang dengan 21 pemateri terdiri dari praktisi dan akademisi yang merupakan mantan atlet dan pelatih senior yang berasal dari 20 provinsi di Indonesia dan delapan negara seperti Thailand, Belanda, Singapura, Korea Selatan, Cairo Mesir, Jerman, Amerika Serikat, dan Argentina.
Sedangkan pemateri dan undangan yang terlibat pada kegiatan webinar ini antara lain Asisten Deputi Industri dan Pemuda Olahraga Kemenpora RI, Sri Wahyuni, ST, MSc, anggota DPR RI Komisi I Dr H Abdul Kharis Alamsyah, H Benny G Sumarsono, Ketua Harian Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa, Ir Taslim Azis, Binpres Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia, Dr Herman Chaniago MM Asisten Deputi Peningkatan Tenaga, dan Organisasi keolahragaan Kemenpora RI.

Universitas PGRI Palembang tuan rumah Webinar Pencak Silat Road to Olympic yang dilaksanakan dari tanggal 28 Juli sampai 29 Agustus 2020.

Kemudian, pengurus Pengprov IPSI Sumsel, Drs Maryatno dari KONI Jabar, Dr Rony Syaifullah MPd dosen Universitas Sebelas Maret, dan Kepala Pelatih Tim Pencak Silat Asian Games 2018, Abbas Akbar, SE, MM.
Pelatih Pencak Silat Asian Games 2018, Dr Haris Nugroho, MOr, dosen Universitas Sebelas Maret, Hendro Wardoyo MPd (Dosen Universitas Negeri Jakarta), Dian Kristianto, SPd (pelatih pencak silat SEA Games 2019), Indro Catur, MPd (Kepala Pelatih Nasional Pencak Silat Seagames 2019), Dr Awan Hariono,M.Or (dosen Universitas Negeri Yogyakarta).
Andy Zulkarnaen ST (pelatih pencak silat Thailand), Drs Ferry Hendrasin (pelatih nasional pencak silat Asian Games 2018), Ari Faizal, M.Or, MPd (dosen Akornas), Edy Suhartono (pelatih nasional pencak silat Asean Games 2018), Dr Johansya Lubis, MPd (dosen FIO Universitas Negeri Jakarta) serta Bayu Iswana, MOr (dosen Universitas PGRI Palembang). (rel)

4 Comments

  1. bonanza178
    January 16, 2024 at 12:31 pm

    … [Trackback]

    […] Info to that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2020/08/11/universitas-pgri-palembang-tuan-rumah-webinar-pencak-silat-road-to-olympic/ […]

  2. site
    February 2, 2024 at 3:15 pm

    … [Trackback]

    […] There you can find 14821 additional Information to that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2020/08/11/universitas-pgri-palembang-tuan-rumah-webinar-pencak-silat-road-to-olympic/ […]

  3. belgium drivers license
    February 11, 2024 at 2:11 am

    … [Trackback]

    […] Find More Info here on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2020/08/11/universitas-pgri-palembang-tuan-rumah-webinar-pencak-silat-road-to-olympic/ […]

  4. grote blote tieten
    February 12, 2024 at 6:45 pm

    … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2020/08/11/universitas-pgri-palembang-tuan-rumah-webinar-pencak-silat-road-to-olympic/ […]

Comments are closed.

Kalender

August 2020
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Kategori Post