Peserta Antusias Ikuti Kuliah Umum Prodi Geografi Universitas PGRI Palembang

Peserta Antusias Ikuti Kuliah Umum Prodi Geografi Universitas PGRI Palembang

Palembang, UPGRIP- Ratusan pesrta dari berbagai erguran tinggi di Indonesia antusias mengikti kuliah umum yang digelar Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang.

Kuliah umum yang mengambil tema Tantangan Pendidik Geografi pada Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 digelar Media Zoom Meeting dan disiarkan live streaming on youtube pada Rabu (10/06/2020).

Tampil menjadi nara sumber kuliah umum kali ini Prof Dr. Sumarmi, M.Pd yang meupakan Guru Besar dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Dalam materi kuliah umunya, Prof Sumarmi, M.Pd menyampaikan bahwa kemampuan pendidik dalam memecahkan masalah kognitif dan sosial.

Turut dibahas dalam kuliah umum tersebut mengenai proses dan sistem pembelajaran di masa pandemi Covid-19

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, MM., M.Si saat membuka secara resmi kuliah umum mengatakan, sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan kuliah umum ini.

Menurut Rektor, suatu kebanggan terhadap para peserta yang berasal dari berbagai provinsi dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai profesi baik dari pelajar, mahasiswa, guru ASN, peneliti dan dosen.

Rektor mengatakan kuliah umum ini penting karena merupakan agenda rutin dan program kerja program studi. Dikatakan Rektor, Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak Covid-19, sehingga orang tua dan masyarakat perlu bekerjasama secara profesional dalam pengelolan pendidikan di era digital.

Sementara itu, Ketua Prodi Geografi FKIP Universtias PGRI Palembang, Maharani Oktavia, MSc menjelaskan kuliah umum ini merupakan kegiatan rutin.

Dalam kuliah umum ini menurut Maharani, diikuti 972 peserta yang berasal dari Universitas Negeri Malang, Universitas PGRI Palembang, Universitas Gorontalo, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Padang, Universitas Syiah Kuala, Universitas Pendidikan Indonesia.

Universitas Taduloko, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Lampung UM, Unnes, Universitas Siliwangi, Unsyiah, IKIP PGRI Pontianak, Universitas Kanjuruhan Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Peserta lain dari Universitas Muahammadiyah Sukabumi, Universitas Negeri Makassar, Universitas Khairun, Universitas Tanjung Pura, UNJ, Universitas Sembilan November, Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Universitas Halu Oleo, UNESA, ULM, Universitas Negeri Gorontalo, Swata, Dinas Pendidikan, guru, dan peserta lainnya.

Pada Kesempatan itu Maharani mengatakan, di pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, paar pendidik harus memastikan kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan meskipun peserta didik berada di rumah.

Maka dari itu, menurut Maharani, inovasi pembelajaran merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan oleh pendidik dengan memaksimalkan media yang ada seperti media daring atau online.

Salah satu proses pembelajaran itu degnan menggunakan metode E-Learning yaitu pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Ditambahkannya, sistem pembelajaran dapat dilaksanakan melalui perangkat komputer (PC), laptop, dan handphoe yang terhubung dengan koneksi jaringan internet dengan menggunakan berbagai media seperti WhatsApp(WA), telgram, aplikasi Zoom maupun media sosial lainnya.

1 Comment

  1. USA Gun Shops
    January 27, 2024 at 7:51 pm

    … [Trackback]

    […] Read More on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2020/06/16/peserta-antusias-ikuti-kuliah-umum-prodi-geografi-universitas-pgri-palembang/ […]

Comments are closed.

Kalender

June 2020
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Kategori Post