Tingkatkan Kualitas dan Profesionalisme, FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Pelatih Renang Lisensi ‘C’

Tingkatkan Kualitas dan Profesionalisme, FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Pelatih Renang Lisensi ‘C’

Guna meningkatkan kualitas dan profesionalisme pelatih renang di Provinsi Sumatera Selatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang menggelar pelatihan untuk pelatih renang Lisensi ‘C’ tingkat provinsi di Gedung Business & Science Center No 402 Lantai IV Universitas PGRI Palembang, Rabu (12/2/2020).

Dalam menyelenggarakan pelatihan ini, FKIP Universitas PGRI Palembang menggandeng Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel dan Persatuan Renang seluruh Indonesia (PRSI) Sumsel.

Selain menggelar pelatihan, Universitas PGRI Palembang melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Pengprov PRSI Sumsel dan KONI Sumsel.

Dekan FKIP Universitas PGRI Dr Dessy Wardiah, MPd menyerahkan cindera mata kepada Ketua Pengprov PRSI Sumsel, Ir H Sarimuda, MT.

Hadir dalam kegiatan pelatihan ini, Ketua KONI Sumsel yang diwakili Sekretaris Umum Ir Suparman Romans, Ketua Harian KONI Sumsel H Ahmad Tahir, SH, SAg, Ketua Pengprov PRSI Sumsel Ir H Sarimuda, MT.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor 2 Dr Yasir Arafat, MM, Dekan FKIP Universitas PGRI Dr Dessy Wardiah, MPd, Kepala Program Studi Pendidikan Jasmani Farizal Imansyah, MPd. beserta jajaran serta tamu undangan lainnya.

Wakil Rektor 2 Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, MM.

Dalam sambutannya, Ketua Pengrov PRSI Sumsel, Ir H Sarimuda, MT menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Universitas PGRI Palembang atas terselenggaranya kegiatan ini.

Menurut dia, melalui kegiatan pelatihan pelatih ini membuktikan bahwa Universitas PGRI Palembang, berkomitmen ingin memajukan cabang olahraga renang khususnya di Sumsel.

Beliau juga meminta kepada Universitas PGRI Palembang untuk dapat membina para atlet renang dengan baik.

Baca Juga :  Perkuat Mutu Pendidikan Vokasi dan Profesi, Universitas PGRI Palembang Gelar Focus Group Dicussion
Dekan FKIP Universitas PGRI Dr Dessy Wardiah, MPd.

”PRSI bersyukur memiliki Universitas PGRI Palembang. Melalui pelatihan ini saya berharap dapat memberikan kontribusi yang besar khususnya untuk cabang olahraga renang di Sumsel. Apalagi renang ini merupakan salah satu cabor yang banyak menghasilkan medali,” ujar H Sarimuda.

Beliau berpesan kepada seluruh peserta pelatihan ini untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh agar dapat menghasilkan perubahan besar untuk cabang olahraga renang khususnya di Sumsel.

Di akhir sambutannya, H Sarimuda mengucapkan terima kasih khususnya kepada Universitas PGRI Palembang dan berharap melalui pelatihan ini Universitas PGRI Palembang dapat berkontribusi yang besar di cabang olahraga renang di Sumsel.

“Saya berharap kegiatan seperti ini dapat diikuti oleh perguruan tinggi lainnya khususnya di Sumsel.“ harap Sarimuda.

Sekretaris Umum KONI Sumsel, Ir Suparman Romans.

Di tempat yang sama Ketua KONI Sumsel yang diwakili oleh Sekretaris Umum Ir Suparman Romans dalam sambutannya mengatakan, melalui MoU ini tentu saja membuat KONI Sumsel tidak lagi kesulitan mencari mitra, sebab sudah memiliki Univesitas PGRI Palembang guan memberikan penataran bibit atlet.

Beliau berharap melalui pelatihan ini dapat mencetak para pelatih yang berkualitas yang pada akhirnya bisa melahirkan para atlet yang berprestasi.

“Cabang olahraga renang ini sangat potensial untuk kita dapat berkiprah di level nasional maupun internasional, cabang olahraga renang ini ada 24 nomor yang diperebutkan dan itu peluang semua. Melalui kesempatan ini mari kita berkomitmen dan sinergitas agar dapat melahirkan atlet sesuai dengan harapan kita bersama,” kata Suparman.

Ketua Pengprov PRSI Sumsel Ir H Sarimuda, MT.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor 2, Dr Yasir Arafat, MM mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja dari Prodi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang tahun akademik 2019/2020.

Menurutnya, kegiatan pelatihan pelatih renang lisensi ‘C’   digelar selama tiga hari mulai tanggal 12 sampai 15 Februari 2020 yang diikuti oleh pelatih dan guru renang dari DKI Jakarta, Bangka Belitung, Kota Palembang, Lahat, Muba, Kabupaten OKU, Pagaralam, Kota Prabumulih serta alumni dan mahasiswa Universitas Palembang.

Kaprodi Pendidikan FKIP Universitas PGRI Palembang, Jasmani Farizal Imansyah, MPd dan Ketua Pengprov PRSI Sumsel, Ir H Sarimuda, MT menunjukkan berkas MoU yang sudah ditandatangani.

Menurutnya, tujuan kegiatan pelatihan renang ini sebagai bekal dan soft skill bagi calon pelatih renang, dan menambah wawasan calon-calon pelatih dalam memasuki dunia pembinaan olahraga renang serta dalam perkembangan klub-klub renang dan dunia industri olahraga.

“Pelatihan pelatih renang ini merupakan yang kedua kali digelar Prodi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas PGRI Palembang. Di mana yang pertama tingkat daerah bekerja sama dengan Pengprov PRSI Kota Palembang pada tahun 2018. Sedangkan pelatihan yang kedua ini tingkat provinsi. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi dan keperdulian Universitas PGRI Palembang terhadap kemajuan olahraga di Provinsi Sumsel,” katanya.

Berkaitan kerja sama antara Universitas PGRI Palembang dengan Pengprov PRSI Sumsel dan KONI Sumsel,  merupakan salah satu langkah untuk mengimplementasikan kebijakan Kemendikbud yang baru tentang ‘Kampus Merdeka’.

Peserta pelatihan untuk pelatih renang Lisensi ‘C’ tingkat provinsi berfoto bersama.

Di mana otonomi pembukaan Prodi diserahkan kepada universitas, akan tetapi harus memenuhi persyaratan. Salah satu syaratnya adalah melakukan kerja sama dengan organisasi atau institusi yang mempunyai kapabilitas.

“Melalui kerja sama ini Universitas PGRI Palembang telah mengikuti kebijakan Kemendikbud untuk menjalin kerja sama dengan organisasi atau institusi untuk pengembangan kurikulum, dalam hal ini pendidikan jasmani maupun prodi baru. Kami dapat meminta masukan kepada KONI Sumsel maupun PRSI Sumsel agar pendidikan olahraga di Sumsel bisa lebih maju,” jelasnya. (hyd)

Kalender

Februari 2020
SSRKJSM
« Jan  
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
242526272829 

Kategori Post

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *