Universitas PGRI Palembang Lakukan ‘Partnership’ dan ‘Collaboration’ dengan University of Malaya-Malaysia

Universitas PGRI Palembang Lakukan ‘Partnership’ dan ‘Collaboration’ dengan University of Malaya-Malaysia

Petinggi Universitas PGRI Palembang dan University of Malaya melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) di Paum Club house, 10476, Jalan Susur Damansara 59100 Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (16/1/2020).

Penandatanganan MoA ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan beberapa waktu yang silam.

Dalam penandatanganan MoA ini dilakukan oleh Rektor, Dr Bukman Lian, MM, MSi dan Dr Houtman, MPd (Direktur Pascasarjana) dari pihak Universitas PGRI Palembang dan dari University of Malaya dilakukan oleh Datuk Ir (Dr) Abdul Rahim Hasyim (Vice Chancellor of UM) dan Assoc Prof Dr Jariah Mohd Jan (Dean Faculty of Language and Linguistics).

Suasana penandatanganan MoA antara Rektor, Dr Bukman Lian, MM, MSi dan Dr Houtman, MPd (Direktur Pascasarjana) dari pihak Universitas PGRI Palembang dan dari University of Malaya dilakukan oleh Datuk Ir (Dr) Abdul Rahim Hasyim (Vice Chancellor of UM) dan Assoc Prof Dr Jariah Mohd Jan (Dean Faculty of Language and Linguistics).

Pada saat penandatanganan MoA ini juga dilaksanakan UM Corpus Lingiistics International Conference 2020. Corpus Linguistics dengan tema ‘Meeting the Challenge, Shaping the Future’.

Proses penandatanganan MoA ini disaksikan oleh para peserta conference yang berjumlah sekitar 500 orang  berasal dari Malaysia, Indonesia, New Zealand, Singapore, China, dan beberapa negara Asia lainnya.

Hadir dari Universitas PGRI Palembang, Hj Meilia Rosani, SH, MH (Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel), Dr H Bukman Lian, MM, MSi (Rektor), Hj Nuryati, SPd (Ketua Dharma Wanita), Dr Yasir Arafat, SE, MM (Wakil Rektor II), Tri Darmawati, SE, MM (Wakil Ketua Dharma Wanita), Dr Dessy Wardiah, MPd (Dekan FKIP), Liza Murnivianty, MPd (Sekretaris Dharma Wanita), Reva Maria Valianti, SE, MPd, MM (Dekan Fakultas Ekonomi).

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr Bukman Lian, MM, MSi menyerahkan cinderamata kepada Datuk Ir (Dr) Abdul Rahim Hasyim (Vice Chancellor of UM) usai menandatangani MoA.

Dr H Houtman, MPd (Direktur PPs), Dr Hj Yenny Puspita, MPd (Asdir PPs), Dr Happy Fitria, MPd (Ketua PS Manajemen Pendidikan S2), Dr Yessi Fitriani, MPd (Ketua PS Pendidikan Bahasa Indonesia S2), Dr Mulyadi, MA (Kabag Humas, Kerja Sama, dan Protokol), Dr H Edi Harapan, MPd (Ketua GPM PPs), Dr Achmad Wahidy, MPd (Kasubbag Akademik PPs).

Kemudian, Prof Dr Ratu Wardarita, MPd (Dosen Tetap PS Pendidikan Bahasa Indonesia S2), Dr Arif Ardiansyah, MPd (Dosen Tetap PS Pendidikan Bahasa Indonesia S2), dan Marleny, MPd (Banpin PS Pendidikan Bahasa Inggris S2).

Datuk Ir (Dr) Abdul Rahim Hasyim dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Rektor dan rombongan dari Universitas PGRI Palembang serta para nara sumber dan peserta conference yang berjumlah sekitar 500 orang peserta yang berasal dari Universitas PGRI Palembang, Malaysia, Singapore, New Zealand, China, dan beberapa negara Asia lainnya.

Suasana UM Corpus Lingiistics International Conference 2020. Corpus Linguistics dengan tema ‘Meeting the Challenge, Shaping the Future’.

Datuk Abdul Rahim Hasyim menjelaskan bahwa University of Malaya pada saat ini merupakan perguruan tinggi terkemuka dan menempati ranking pertama di Malaysia, rangking 70 dunia, ranking 3 di Asean, dan ranking 13 di Asia.

Dengan keberadaannya sekarang tepatlah kiranya  Universitas PGRI Palembang menjalin kerja sama dengan University of Malaya.

Selanjutnya, Datuk Abdul Rahim Hasyim juga mengajak semua peserta conference untuk sharing berbagai pengetahuan dan menjalin kerja sama satu sama lainnya untuk memajukan lembaga masing-masing.

Berfoto bersama usai acara pembukaan UM Corpus Lingiistics International Conference 2020. Corpus Linguistics dengan tema ‘Meeting the Challenge, Shaping the Future’.

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyampaikan puji syukur kehadirat Allah SWT atas terlaksananya MoU dan MoA ini dengan University of Malaya dan juga Faculty of Language and Linguistics UM.

Rektor berharap akan ada MoA lainnya dengan berbagai fakultas dari masing-masing universitas.

Lebih lanjut Bukman menjelaskan, sesuai pembicaraan awal dari unsur pimpinan kedua Universitas bahwa MoA ini menyangkut Tri Darma Perguruan Tinggi dan peningkatan mutu sumberdaya manusia (SDM) yang meliputi penelitian bersama, pengabdian kepada masyarakat,  seminar, conference, workshop, reviewer untuk jurnal internasional, pertukaran dosen, mahasiswa, pemagangan, dan lain-lain.

Seiring dengan akan diadakannya seminar internasional pertama di Universitas PGRI Palembang pada bulan Desember 2020 nanti, maka Rektor akan mengundang pihak University of Malaya untuk berbagi pengalaman dalam melaksanakan seminar internasional sebelum pelaksanaan seminar dimaksud.

Berfoto bersama usai acara pembukaan UM Corpus Lingiistics International Conference 2020. Corpus Linguistics dengan tema ‘Meeting the Challenge, Shaping the Future’.

Rektor, Bukman Lian juga berharap dapat belajar banyak dari University of Malaya dalam memajukan universitas serta meningkatkan kompetensi SDM baik dosen dan mahasiswa.

Berbagai hal tentang bahasa, pendidikan dan pengajaran bahasa disampaikan oleh para nara sumber di antaranya Assoc Prof Dr Michael Barlow (University of Auckland, New Zealand), Prof Dr Su Hang (Sichuan International Studies University, China, Prof Dr Hajar Abdul Rahim (Univ Sains Malaysia, Malaysia) dan Dr Chau Meng Huat dan Dr Sheena Kaur (University of Malaya)

Para peserta dari Universitas PGRI Palembang, menyampaikan rasa puas dan kegembiraan mereka atas kesempatan untuk mengikuti conference internasional semacam ini.

Mereka dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang nantinya akan sangat berguna bagi pengembangan diri.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Hendra Gunawan, Indah Mulyani, Ani Suryani, Zuldes Fahri, Sumardi, Malla, Alam, dan Dicky Kurniawan.

Penandatanganan MoA antara Pascasarjana Universitas PGRI Palembang dan Faculty of Language and Linguistics ini diharapkan dapat diikuti oleh berbagai fakultas lainnya dari ke dua belah pihak agar peningkatan mutu SDM dan Tri Darma Perguruann Tinggi benar-benar dapat terwujud melalui Partnership dan Collaboration ini. (hyd)

Kalender

Januari 2020
SSRKJSM
« Des Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031 

Kategori Post

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *