Tokoh yang Berkiprah di PGRI Palembang Terima Penghargaan dari Lintas Politika Indonesia 2019

Tokoh yang Berkiprah di PGRI Palembang Terima Penghargaan dari Lintas Politika Indonesia 2019

Dunia Pendidikan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) hampir dapat dipastikan akan selalu mengingat peran mulia dari seorang tokoh PGRI yang bernama Drs H Aidil Fitri Syah, MM.

Sepanjang sejarah hidupnya almarhum Drs H Aidil fitri Syah, MM dikaruniai potensi multi talenta. Pria kelahiran Muko-muko, Provinsi Bengkulu, 7 Agustus 1939 ini sejak muda sudah menjadi figur Pembina puluhan ribu guru di Sumsel.

Beliau termasuk birokrat paling dinamis yang ditandai dengan sederet jabatan pernah dipercayakan kepada dirinya.

Aidil Fitri Syah negarawan yang sudah teruji. Sejarah membuktikan dia pernah menjadi Ketua DPRD Gotong Royong termuda di Indonesia.

Dia juga berperan besar dalam memperjuangkan kemajuan dunia pendidikan baik tingkat regional maupun nasional.

Tokoh PGRI ini juga memberikan input bagi kemajuan pengurus PGRI pusat. Berkat kerja kerasnya PGRI tumbuh lebih dinamis mencapai kemajuan yang lebih baik sehingga menjadi perguruan tinggi yang menciptakan kader-kader bangsa yang berakhlak mulia dan kaya akan pengetahuan.

Aidil Fitri Syah memegang prinsip tiada kata henti dalam mengabdi, kecerdasan pengalaman, pemikiran, strategi, dan tenaga. Maka beliau pantas dianugerahkan oleh Lintas Politika katagori Life Achievment Sriwijaya Awards 2019.

Selanjutnya dalam penganugerahan Awards 2019 dari Lintas Politika Indonesia 2019 adalah Katagori Tokoh Inspirasi Sriwijaya 2019 yang diterima oleh H Ahmad Zulinto, SPd, MM.

Pria kelahiran Kuripan, 18 April 1964 ini merupakan tokoh inspiratif yang berjasa di dunia pendidikan. H Ahmad Zulinto yang sangat peduli tentang kesejahteraan guru serta selalu menyuarakan segala keluh kesah para tenaga pendidik.

Sosok pria yang sering mengajak para guru meningkatkan kualitas pendidikan, kualitas keprofesionalan dalam mengajar agar anak-anak kita mendapatkan pengetahuan keterampilan dan katakter yang baik.

Pria yang sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang dan menjabat sebagai Ketua PGRI Sumsel dua periode, yang baru-baru ini terpilih  secara aklamasi oleh 17 kabupaten/kota di Sumsel untuk periode 2019-2024.

Pemilihan Ketua PGRI Provinsi Sumsel secara aklamasi ini merupakan sejarah dalam kepengurusan PGRI Sumsel, karena beliau benar benar serius dan ikhlas dalam menjalankan amanah sebagai Ketua PGRI Sumsel. Maka pantaslah beliau dianugerahkan penghargaan dari Lintas Politika Indonesia 2019.

Berikutnya, kategori Tokoh dan Lembaga Peduli Pendidikan Tinggi/Universitas diberikan oleh Lintas Politika Indonesia 2019 kepada Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Pria kelahiran Gunung Jati, Kabupaten OKU, 18 Juli 1958 menerima penghargaan sebagai Tokoh Peduli Pendidikan Tinggi di Sumsel.

Bersamaan dengan ini Universitas PGRI Palembang juga dinobatkan sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap dunia pendidikan sejak tahun lalu.

Universitas PGRI Palembang telah menelurkan para cendekiawan di bidang pendidikan sejak berpuluh tahun lalu khususnya di Sumsel.

Dalam dunia pendidikan, lembaga ini sudah sejak beberapa tahun terakhir memberikan apresiasi kepada masyarakat dengan program kuliah gratis, pemberian beasiswa sampai kepada pemberian diskon sampai 50 persen terhadap mahasiswa selama duduk di bangku kuliah bagi Mahasiswa Strata 1 untuk guru dan anak guru.

“Itu semua berkat kepemimpinan Rektor Dr H Bukman Lian, MM, MSi,” kata Direktur Executive Lintas Politika Indonesia, Kemas Khoirul Mukhlis di sela acara Malam Kemilau Inspirasi Sriwijaya di Ballroom Hotel The Arya Duta Palembang, Jumat (20/12/2019) lalu.

Menurut Mukhlis, pemberian penghargaan kepada para tokoh Sumsel yang berjasa di berbagai bidang ini sudah diberikan lembaganya selama lima tahun terakhir.

Melalui, tim juri yang merupakan pakar dari beberapa disiplin ilmu dan dengan pengamatan dan fakta di lapangan, timnya melakukan penilaian.

“Khusus Rektor dan Universitas PGRI Palembang, merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sumsel yang melaksanakan program kuliah dengan memberikan perhatian khusus kepada anak guru dengan diskon 50 persen uang kuliah selama menempuh perkuliahan. Ini luar biasa karena semangatnya bisa memotivasi masyarakat yang menginginkan anaknya kuliah dengan biaya yang terjangkau,” kata Mukhlis.

Menurut Mukhlis, sangat banyak tokoh di Sumsel yang patut diberikan diapresiasi.

“Penghargaan yang diberikan ini merupakan bentuk apresiasi. Tim juri yang kami tunjuk, merupakan pakar atau ahli di bidang masing-masing yang menggodok sekian ratus nama yang pada akhirnya muncullah nama-nama yang diberikan penghargaan ini,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan kepercayaan terhadap penyelenggaraan pendidikan khususnya di perguruan tinggi swasta, Universitas PGRI Palembang.

“Alhamdulilah, saya terima. Saya terima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan pernyataan bahwa Universitas PGRI Palembang yang terbaik. Survei masyarakat itu yang menyatakan bahwa Universitas PGRI yang terbaik dan masuk dalam kriteria untuk memberikan penghargaan ini. Sekali lagi atas nama pribadi dan lembaga kami apresiasi terhadap kepercayaan masyarakat,” kata Bukman.

Menurutnya, penghargaan yang diberikan  oleh Lintas Politika kepada Rektor dan perguruan tinggi yang paling tinggi membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan tinggi.

Diakui Bukman, sejak dua tahun terakhir banyak program yang diusungnya di antaranya memberikan diskon 50 persen kepada mahasiswa mulai semester 1 dan 2. Selanjutnya, ketika di semester 3 mulai dari seleksi berdasarkan indeks prestasi.

“Jika IP bagus maka kita teruskan bahkan kita berikan beasiswa. Selanjutnya, bidang ekonomi melalui fakultas ekonomi kita juga terjun ke masyarakat di berbagai kegiatan ekonomi, bidang keguruan juga begitu, terjun di sektor keguruan. Demikian juga dengan bidang lain seperti teknik dan fakultas-fakultas lain yang ada di Universitas PGRI Palembang. Setelah survei di daerah-daerah mereka cuma kenal dengan UPGRI Palembang,” kata Bukman.

Menurut Bukman, pihaknya sudah sejak lama memperkenalkan dunia entrepreneur kepada mahasiswa jauh sebelum didengung-dengungkan Menteri saat ini.

“Maka tadi aku arahkan ke depan kepada ekonomi. Jadi kalau menteri yang baru bicara entrepreneur tapi kami sudah dua tahun ini,” tambah Bukman.

Selanjutnya, tambah Bukman, pihaknya sudah berencana di Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang akan membuka Program Studi (Prodi) Wirausaha Bisnis Digital.

“Hanya ada di UGM dan di PGRI jurusan ini. Kita punya tim untuk itu. Ini membuat rangking kita naik,” kata Bukman.

Bukman menambahkan program diskon 50 persen yang sudah dua tahun terakhir dilaksanakan kepada mahasiswa, selain karena sesuai dengan pandangan agama bahwa membantu/menolong orang itu adalah kegiatan yang baik.

“Oleh karena itu, saya sebagai Rektor akan terus melakukan kebaikan khususnya di bidang Pendidikan melalui perguruan tinggi yang saya pimpin. Selanjutnya kerja sama dengan berbagai pihak dan kepala daerah kabupaten/kota se-Sumsel akan terus dilanjutkan,” kata Bukman. (rel/hyd)

Kalender

December 2019
MTWTFSS
« Nov Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031 

Kategori Post

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *