Tingkatkan Kompetensi di Era Digital, Guru SMAN 1 Belimbing Gelar Workshop Kerja Sama dengan Universitas PGRI Palembang

Tingkatkan Kompetensi di Era Digital, Guru SMAN 1 Belimbing Gelar Workshop Kerja Sama dengan Universitas PGRI Palembang

Guna meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara optimal,  SMA Negeri 1 Belimbing di Teluk Lubuk, Belimbing, Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan, menggelar kegiatan workshop media dan metode pembelajaran berbasis IT selama tiga hari mulai tanggal 11 sampai 13 Desember 2019.

Para guru SMA Negeri 1 Belimbing mengikuti workshop media dan metode pembelajaran berbasis IT dengan mendatangkan nara sumber dari dosen Universitas PGRI Palembang.

Workshop ini merupakan kerja sama antara SMA Negeri 1 Belimbing dengan Universitas PGRI Palembang. Sebagai narasumber pada pelatihan ini tiga orang dosen dari Universitas PGRI Palembang, yakni Dr Rohana, SSi, MPd, Dr Misdalina, MPd, dan Asnurul Isroqni, MKom.

Sedangkan peserta yang mengikuti workshop adalah semua guru SMA Negeri 1 Belimbing yang berjumlah 31 orang.

Mengecek hasil pekerjaan peserta workshop media dan metode pembelajaran berbasis IT di SMA Negeri 1 Belimbing.

Hadir dalam acara pembukaan workshop itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Drs H Reza Fahlevi, MM yang diwakili oleh Pengawas Pembina H Artan, SPd, MM dan Kepala SMA Negeri 1 Belimbing, Eli Koswara, SPd, MM.

Dalam pembukaan workshop tersebut, Kadisdik Sumsel Drs H Reza Fahlevi, MM yang diwakili oleh Pengawas Pembina H Artan, SPd, MM mengharapkan para peserta untuk serius mengikuti kegiatan workshop.

Dia berpesan ilmu yang diperoleh kiranya dapat betul-betul diterapkan pada saat melaksanakan tugas pembelajaran.

Mengecek hasil pekerjaan peserta workshop media dan metode pembelajaran berbasis IT di SMA Negeri 1 Belimbing.

Sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan mutu atau kualitas siswa–siswi SMA Negeri Belimbing.

Di tempat yang sama, Kepala SMA Negeri 1 Belimbing, Eli Koswara, SPd, MM mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel yang telah mengizinkan kegiatan dan pihak Universitas PGRI Palembang yang telah mengirimkan tenaga ahlinya sebagai narasumber.

Sementara itu, jalannya pelatihan media dan metode pembelajaran ini menggunakan pola penyampaian teori dan praktik serta simulasi di kelas.

Pada hari pertama dan kedua, peserta menerima materi tentang pembuatan media pembelajaran berbasis IT yang disampaikan oleh Asnurul Isroqni, MKom.

Sedangkan hari kedua materi metode dan model pembelajaran disampaikan oleh Dr Misdalina dan Dr Rohana, SSi, MPd.

Kepala SMAN 1 Belimbing, Eli Koswara, SPd, MM menutup kegiatan workshop media dan metode pembelajaran berbasis IT.

Pada hari ketiga peserta melakukan praktik mengajar yang sebenarnya menggunakan metode dan model pembelajaran yang telah dibahas (peer teaching), dan peserta workshop lainnya menjadi pengamat. Selesai peer teaching dilakukan refleksi oleh pengamat dan narasumber.

Kegiatan workshop ini ditutup pada Jumat, 13 Desember 2019 oleh Kepala SMA Negeri 1 Belimbing Bapak Eli Koswara, SPd, MM.

Dalam penyampaian kesan dan pesan, salah seorang peserta workshop yang diwakili oleh Rita Karnela, SE yang keseharianya mengajar mata pelajaran Ekonomi mengucapkan banyak terima kasih atas bimbingan dan arahan dari para nara sumber yang menyampaikan materi dengan sabar dan mudah dimengerti.

Mewakili rekan-rekannya, Rita Karnela mengaku,  merasakan bertambahnya ilmu pengetahuan baik tentang cara pembuatan media pembelajaran yang menarik dan informatif maupun tehnik mengajar yang baik dengan pendekatan model serta metode mengajar yang terkini.

Sambutan dari perwakilan nara sumber sekaligus sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Universitas PGRI Palembang, Dr Rohana, SSi, MPd.

“Harapan kami (peserta –red) kegiatan ini dapat dilanjutkan kembali dengan tema dan bahasan yang berbeda,” kata Rita.

Sementara itu, salah satu nara sumber workshop Dr Rohana, SSi, MPd yang kesehariannya Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Universitas PGRI Palembang mengaku, salut terhadap motivasi, semangat, dan kesungguhan peserta selama mengikuti pelatihan.

Rohana mengapresiasi karakter siswa yang sopan dan ramah terhadap pihak Universitas PGRI Palembang.

Dia mengatakan, Universitas PGRI Palembang siap bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Belimbing sebagai komitmen atas nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak. (hyd)

Kalender

December 2019
MTWTFSS
« Nov Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031 

Kategori Post

Leave A Comment

Your email address will not be published.