Rektor Universitas PGRI Palembang Teken MoU dan Sosialisasi di SMKN 3 Sekayu Muba

Rektor Universitas PGRI Palembang Teken MoU dan Sosialisasi di SMKN 3 Sekayu Muba

Universitas PGRI Palembang kembali melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Kali ini dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi dan Kepala SMKN 3 Sekayu, Ahmad Anuar, SPd, MM di Gedung Teater SMKN 3 Sekayu, Kamis (5/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Waka Humas SMKN 3 Sekayu, Muhammad Anas, SPd, MSi, Mawardi, ST, MSi (Waka Kesiswaan), Rahmawati, SSi (Waka Kurikulum), Hj Ropita dan Joko Kuncoro (pengawas SMK).

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi dan Kepala SMKN 3 Sekayu, Ahmad Anuar, SPd, MM disaksikan Pengawas SMK, Hj Ropita dan Joko Kuncoro menandatangani berkas MoU di Gedung Teater SMKN 3 Sekayu, Kamis (5/12/2019).

Dari Universitas PGRI Palembang hadir Dekan Fakultas MIPA, Dr Syaiful Edi, MSi, Mursalin, SE, MM (dosen Fakultas Ekonomi), Dr Mulyadi, MA (Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerja Sama), Amirudin, MPd (Kasubag Kerja Sama), dan Muhamdi.

Menariknya, sebelum MoU ini diteken kedua belah pihak, Rektor Universitas PGRI Palembang dan rombongan disambut dengan iringan terbangan secara meriah oleh para siswa SMKN 3 dan guru.

Dalam sambutannya, Kepala SMKN 3 Sekayu, Ahmad Anuar, SPd, MM menyambut baik kehadiran Rektor beserta rombongan.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, Kepala SMKN 3 Sekayu, Ahmad Anuar, SPd, MM, dan undangan serta siswa mendengarkan sambutan.

Ahmad Anuar mengaku, para guru dan siswa merasa tersanjung dan mendapat kehormatan yang luar biasa atas kehadiran Rektor, orang nomor satu di Universitas PGRI Palembang dan rombongan.

Beliau juga berharap bahwa penandatanganan MoU atau  kerja sama ini akan membawa banyak manfaat bagi kedua pihak, Universitas PGRI Palembang dan SMKN 3 Sekayu.

Pada kesempatan itu Ahmad Anuar menjelaskan kondisi SMKN 3 Sekayu Muba yang memiliki lahan seluas 4,5 hektar dengan jumlah siswa 695 orang, dan kelas XII berjumlah 167 orang.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyampaikan kata sambutan.

Menurutnya, SMKN 3 Sekayu Muba berdiri pada tanggal 29 Desember 2019 dan mulai beroperasional Juli 2010. Saat ini SMKN 3 Sekayu memiliki guru 41 orang dan karyawan sebanyak 35 orang.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengajak semua yang hadir untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan nikmat-Nya.

Selanjutnya, Rektor mengenalkan anggota rombongan satu per satu. Rektor kemudian menjelaskan berbagai hal mengenai fakultas dan fasilitas serta kemudahan-kemudahan kuliah program S1 maupun S2 di Universitas PGRI Palembang.

Kepala SMKN 3 Sekayu, Ahmad Anuar, SPd, MM menyampaikan kata sambutan.

Menurut Bukman, Universitas PGRI Palembang memiliki 5 (lima) Fakultas; FKIP, Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Perikanan, dan 1 (satu) Program pascasarjana dengan 3 (tiga) program studi; Pendidikan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Manajemen Pendidikan.

Khusus untuk program S1 ada diskon uang kuliah sebesar 50% bagi guru dan anak guru. Selain itu, ada kuliah gratis dan beasiswa terbatas untuk FKIP prodi pendidikan Fisika, Fakultas MIPA untuk prodi Fisika, dan Fakultas Perikanan prodi Budidaya Ikan.

Dikatakan Bukman, karena SMKN 3 Sekayu Muba sudah melakukan kerja sama dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan diberikan diskon 50% untuk uang pendaftaran semua prodi yang dipilih dan akan dibebaskan uang pendaftaran sebesar 100% apabila surat undangan yang didapat ditandatangani oleh kepsek.

Pengawas SMK, Hj Ropita menyampaikan kata sambutan.

Sedangkan untuk jenjang pendidikan S2, menurut Rektor, calon mahasiswa S2 akan dibebaskan dari uang pendaftaran sebesar Rp600 ribu.

Kemudian mendapatkan diskon SPP sebesar 25% dari SPP Rp6 juta hanya bayar sebesar Rp4,5 juta per semester.

Dikatakannya, jika guru-guru dari SMKN 3 Sekayu ada 20 orang yang memilih prodi yang sama maka akan dibuatkan kelas khusus.

Rektor menambahkan, diskon untuk calon mahasiswa S1 maupun S2 sudah melalui  persetujuan Ketua PGRI Provinsi Sumsel, Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua Umum YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH, dan Rektor.

Pada kesempatan itu, Bukman menyampaikan berbagai prestasi yang diraih oleh Universitas PGRI Palembang dan Rektornya.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi berfoto bersama Kepala SMKN 3 Sekayu, dewan guru, siswa pemain terbangan berfoto bersama.

Di mana Universitas PGRI Palembang mendapatkan penghargaan terbaik kedua dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II untuk kategori Penilaian Aspek Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia tahun 2019.

Sementara Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mendapatkan piagam penghargaan dari LLDikti Wilayah II untuk kategori Kepeloporan/Insan Teladan.

Tak hanya itu, Universitas PGRI Palembang menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDikti Wilayah II (Sumsel, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung) yang dipercaya Kemenristekdikti dan Kemendikbud sebagai penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan Lembaga Penyelenggara Diklat Kepala Sekolah (LPD-KS).

Usai sosialisasi dan paparan, para siswa kelas XII  SMKN 3 Sekayu merasa senang dan antusias karena mendapatkan informasi yang sangat lengkap tentang berbagai fakuktas dan program studi serta berbagai keunggulannya serta Program studi yang semuanya sudah terakreditasi B.

Para siswa ini menyatakan berminat dan berkeinginan untuk melanjutkan kuliah di Universitas PGRI Palembang. (hyd)

Kalender

December 2019
MTWTFSS
« Nov Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031 

Kategori Post

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *