Rektor Universitas PGRI Palembang Pacu Semangat Mahasiswa Untuk Menulis Proposal PKM

Rektor Universitas PGRI Palembang Pacu Semangat Mahasiswa Untuk Menulis Proposal PKM

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi memacu semangat para mahasiswa untuk lebih giat menulis proposal dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Hal ini dikemukakan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi saat membuka Workshop dan Pendampingan Penyusunan Proposal PKM tahun 2019 di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Membangun Kreativitas dan Inovasi Menuju Pimnas 2020 untuk Mewujudkan Masyarakat Ilmiah yang Berkualitas’ digelar di Aula Drs H Usman Majid, MM Gedung Perpustakaan Universitas PGRI Palembang, Kamis (28/11/2019) lalu.

Ketua Pelaksana yang juga Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd menyampaikan laporan kegiatan.

Workshop dan Pendampingan Penyusunan Proposal PKM ini dihadiri Ketua Pelaksana yang juga Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd, Sekretaris  LPPKM, Ilham Arvan Junaidi, MPd, para dekan, dan dosen di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

Turut hadir reviewer internal PKM di lingkungan Universitas PGRI Palembang, Dr Ir Helmi Haris, MS, Linda Lia, MPd, Hetilaniar, MPd, Sugiarti, MPd, Neta Dian Lestari, SPd, MM, Eva Dina Lestari, SPd, MM, Emma Lilianti, SE, MSi, Heri Setianto, SPd, MSC, dan Budi Utomo, SPd, MSc.

Menurut Bukman, semakin banyak mahasiswa yang membuat proposal PKM, maka peluang untuk meraih kemenangan semakin terbuka lebar. “Tak ada kemenangan yang besar kalau tidak ada pertarungan yang hebat,” ujar Rektor.

Pada kesempatan itu Bukman berharap kegiatan Workshop dan Pendampingan Penyusunan Proposal PKM ini harus terus ditingkatkan.

Peserta Workshop dan Pendampingan Penyusunan Proposal PKM tahun 2019 menyimak pengarahan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Rektor menambahkan bahwa Universitas PGRI Palembang yang sudah berusia 35 tahun terus berpacu dan mempunyai target dalam meningkatkan mutu dan kualitas lulusan.

Upaya itu akhirnya membuahkan hasil. Di mana pada tahun 2019 ini, Universitas PGRI Palembang berada di grade 3 dengan peringkat 208 untuk PTN/PTS seluruh Indonesia dari penilaian Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi di bawah Kemenristekdikti.

Sementara itu, Kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd mengatakan, kegiatan Workshop dan Pendampingan Penyusunan Proposal PKM ini, diikuti 156 peserta dari dosen pembimbing PKM dan perwakilan mahasiswa pengusul PKM dari setiap fakultas di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

Peserta itu masing-masing dari FKIP 90 orang, Fakultas Ekonomi (20), Fakultas MIPA (15), Fakultas Teknik (15), dan Fakultas Perikanan (16 peserta).

Tujuan dari kegiatan ini, menurut Rohana, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas mutu lulusan yang bermutu dan memiliki academic knowlegde, skill of thinking, management skill, dan communication skill.

Rohana menjelaskan, PKM ini merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa menyalurkan kreativitasnya.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi berfoto bersama dengan dosen dan mahasiswa.

PKM ini didanai melalui hibah tahun 2020. Secara umum ada tiga  jenis PKM yang didanai, yakni pertama PKM 5 bidang terdiri dari PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian kepada masyarakat, PKM Teknologi, dan PKM Karsa Cipta.

Kemudian yang kedua PKM karya tulis yang terdiri dari PKM gagasan tertulis dan PKM artikel ilmiah, dan ketiga PKM Gagasan Futuristik Konstruktif .

Ditambahkan Rohana, prestasi Universitas PGRI Palembang dalam PKM sangat baik, hal ini dilihat dari pengajuan Universitas PGRI Palembang sebanyak 130 judul pada proposal PKM 5 bidang.

Sedangkan PKM-KT sebanyak 20 proposal. PKM GFK sebanyak satu proposal. Dari pengajuan tersebut Universitas PGRI Palembang mendapatkan 9 proposal yang dibiayai oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan dengan rincian 7 proposal PKM 5 bidang dan dua Proposal PKM-KT.

Prestasi ini mengantarkan Universitas PGRI Palembang sebagai PTS peraih proposal terbanyak kedua di Provinsi Sumatera Selatan.

Torehan prestasi lain, kinerja penelitian Universitas PGRI Palembang berada pada Cluster Madya Rangking 342 dari 1.977 perguruan tinggi di Indonesia. (hyd)

Kalender

December 2019
MTWTFSS
« Nov Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031 

Kategori Post

Leave A Comment

Your email address will not be published.

Hubungi Kami whatsapp
Open chat
1
Universitas PGRI Palembang
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by