Bupati Banyuasin Dorong Guru Untuk Lanjutkan Kuliah S2 di Universitas PGRI Palembang

Bupati Banyuasin Dorong Guru Untuk Lanjutkan Kuliah S2 di Universitas PGRI Palembang

Bupati Banyuasin H Askolani Jasi, SH, MH mendorong guru meningkatkan kompetensi dan kualitas diri dengan melanjutkan kuliah Strata Dua (S2) di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Ajakan peningkatan kompetensi dan kualitas guru di wilayah Kabupaten Banyuasin itu dikemukakan Askolani saat menjadi Keynote Speaker dalam Seminar Nasional Pendidikan tahun 2019 di Alun-alun Kota Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, Kamis (27/11/2019).

Bupati Banyuasin H Askolani Jasi, SH, MH menyampaikan materi dalam seminar nasional pendidikan.

Dalam Seminar Nasional Pendidikan yang mengangkat tema ‘Transformasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Mengembangkan Pendidikan yang Bermutu dan Berkarakter Mewujudkan Banyuasin Cerdas, Sehat dan Religius’, mendatangkan tiga nara sumber lainnya.

Tiga nara sumber itu masing-masing Dr MQ Wisnu Aji, SE, MEd (Sekretaris Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI), Dr Bukman Lian, MM, MSi (Rektor Universitas PGRI Palembang), dan H Darmadi Harsah, SE, MSi (Direktur PT Pustaka Mulia).

Hadir dalam seminar nasional tersebut, Ketua PGRI Sumsel H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Bupati Banyuasin, Ketua, dan anggota DPRD Komisi 4 Banyuasin, Forkopimda Banyuasin, Sekda, para asisten, dan staf ahli Bupati.

Ketua PGRI Sumsel H Ahmad Zulinto, SPd, MM menyampaikan kata sambutan.

Turut hadir kepala badan/dinas/instansi/kantor/bagian di lingkungan Pemkab Banyuasin, para guru PAUD/TK/SD/SMP/SMA se-Kabupaten Banyuasin.

Menurut Askolani, salah satu upaya mendorong tenaga pendidik untuk kuliah S2 di Universitas PGRI Palembang, Pemkab Kabupaten Banyuasin akan memberikan subsidi uang SPP sebesar 25% seperti yang juga diberikan oleh Rektor.

Dikatakan Askolani, guru mempunyai tugas yang mulia dan berat. Meski demikian, dia yakin para guru di Kabupaten Banyuasin bekerja secara cerdas, keras, dan ikhlas.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyampaikan materi dalam seminar nasional pendidikan.

Beliau memberi rasa hormat dan salut dengan para guru yang terus dan akan terus bekerja dengan baik. Askolani berjanji akan terus mengusahakan dan meningkatkan kualifikasi dan kesejahteraan para guru.

Pada kesempatan itu, Askolani mengemukakan, Kabupaten Banyuasin memang masih menghadapi berbagai persoalan dalam pembangunan khususnya infrastruktur karena APBD sekitar Rp2,4 triliun dan alokasi dana pendidikan sekitar 24%.

Pernyataan Bupati Banyuasin yang mendorong guru untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualitas diri, mendapat apresiasi tinggi dari para peserta seminar nasional.

Sekretaris Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr MQ Wisnu Aji, SE, Med menyampaikan materi dalam seminar nasional pendidikan.

Mereka memberikan tepuk tangan yang sangat gemuruh mendengar dan menyambut apa yang disampaikan Askolani dan mereka, para guru akan segera melanjutkan kuliah di Pascasajana Universitas PGRI Palembang.

Sementara itu, Ketua PGRI Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Banyuasin yang telah memberikan perhatian yang sangat besar terhadap PGRI Banyuasin, khususnya dalam kegiatan Seminar Nasional Pendidikan.

Zulinto mengharapkan dan mendorong para guru di Banyuasin untuk terus meningkatkan pendidikan ke Strata yang lebih tinggi.

Bupati Banyuasin H Askolani Jasi, SH, MH salam kompak dan Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Khusus untuk Strata 1 (S1) dan Strata 2 (S2) Zulinto mengajak para guru untuk kuliah di Universitas PGRI Palembang.

Khusus guru dan anak guru yang kuliah di Strata 1 diberikan diskon 50% untuk uang kuliah. Sedangkan untuk Strata 2 (S2) akan dibebaskan dari uang pendaftaran dan diskon 25% untuk SPP, beasiswa terbatas, dan kuliah gratis. Kemudahan-kemudahan ini diberikan untuk membantu rekan-rekan guru dan keluarga.

Selanjutnya, Zulinto juga berharap kepada pemerintah untuk tidak banyak memberikan beban administrasi terlalu banyak kepada guru sehingga mereka dapat lebih fokus dalam mengajar.

Para guru akan terus dan tetap berperan penting dalam dunia pendidikan walaupun kemajuan Informasi Teknologi terus berkembang.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyampaikan materi mengenai peran strategis guru dan transformasi pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.

Sedangkan Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi dalam paparannya yang begitu komunikatif dan interaktif mampu mengajak semua peserta seminar yang berjumlah sekitar 2.495 orang untuk tetap bersemangat dan antusias mengikuti seminar.

Bukman lebih lanjut membahas peran strategis guru dan transformasi pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.

Beliau juga menyampaikan  berbagai perkembangan pendidikan  yang bermutu dan berkarakter dalam mewujudkan Banyuasin cerdas, sehat, dan religius.

Ribuan peserta menyimak materi yang disampaikan nara sumber dalam seminar nasional pendidikan.

Bukman juga menyampaikan  peran Universitas dalam mewujudkan target Pemkab Banyuasin. Universitas PGRI Palembang di bawah kepemimpinannya sebagai rektor  memberikan berbagai kemudahan dan diskon khusus bagi masyarakat, guru dan keluarga guru yang ingin melanjutkan pendidikan ke S1 dan S2  serta berbagai kemudahan lainnya.

Kebijakan ini juga atas kesepakatan dan kebijakan dari Rektor beserta Ketua PGRI  Provinsi Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, dan Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH.

Nara sumber lain, Sekretaris Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr MQ Wisnu Aji, SE, MEd dalam paparannya mengatakan, para guru harus mempunyai pendidikan minimal S1.

Para pejabat dan undangan penting yang hadir dalam seminar nasional pendidikan.

Wisnu juga menyatakan bahwa anggaran untuk pendidikan, khususnya untuk honor dan gaji guru semakin membaik.

Direktur PT Pustaka Mulia, H Darmadi Harsah, SE, MSi lebih mengajak para guru untuk berkarya melalui penulisan buku.

Beliau menyampaikan bahwa menulis buku itu menyenangkan dan tidak sulit. Selanjutnya beliau menyampaikan berbagai cara dan strategis dalam menghasilkan karya-karya yang baik.

Di tempat yang sama, Ketua PGRI Banyuasin yang juga Ketua Panitia Seminar Nasional H Ridwan Nawawi, SAg, MSi menjelaskan, jika kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional 2019 di Kabupaten Banyuasin.

Bupati Banyuasin H Askolani Jasi, SH, MH, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi, dan pejabat serta undangan penting berfoto bersama.

Menurut dia, selain seminar nasional juga digelar berbagai pertandingan olahraga, pemberian santunan kepada anggota PGRI, Tri Lomba PGRI, dan upacara puncak HUT PGRI Ke-74 dan HGN 2019 disertai dengan pemberian penghargaan kepada guru berdedikasi.

Dikatakannya, sasaran kegiatan seminar nasional ini adalah guru PAUD/TK/SD/SMP/SMA/sederajat dengan jumlah peserta seminar nasional pendidikan ini sebanyak 2.495 orang. (hyd)

Rincian Peserta Seminal Nasional Pendidikan Tahun 2019

NOKECAMATANPESERTA
1Makarti Jaya126
2Talang Kelapa173
3Karang Agung Ilir20
4Rantau Bayur90
5Sembawa170
6Rambutan157
7Banyuasin I252
8Banyuasin III225
9Suak Tapeh76
10Betung167
11Muara Sugihan97
12Pulau Rimau75
13Air Kumbang82
14Muara Telang105
15Tanjung Lago127
16Sumber Marga Telang58
17Muara Padang88
18Air Saleh107
19Tungkal Ilir67
20Banyuasin II55
21Selat Penuguan59
22MKKS SMA/YLP50
23PANITIA75
TOTAL2.495

Kalender

December 2019
MTWTFSS
« Nov  
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031 

Kategori Post

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *