Rektor Universitas PGRI Palembang Jadi Pembicara Seminar Nasional di Kabupaten Empat Lawang

Rektor Universitas PGRI Palembang Jadi Pembicara Seminar Nasional di Kabupaten Empat Lawang

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi menjadi pembicara dalam seminar nasional yang digelar di Gedung Serba Guna Pemkab Empat Lawang, Sabtu (23/11/2019).

Seminar nasional yang diprakarsai PGRI Kabupaten Empat Lawang ini dihadiri oleh Bupati Empat Lawang yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Dra Rita Purwaningsih, MM.

Hadir juga Abdul Rozi, SPd, MM (Wakil Ketua 1 PGRI Empat Lawang), Herlina, MPd (Bendahara PGRI Empang Lawang) yang juga sebagai Kepala SMAN 1 Tebing Tinggi.

Setyo Haryono, SPd (Sekretaris PGRI Empat Lawang) yang juga sebagai Kepsek SMPN 1 Tebing Tinggi, Hilmi Mardliyah, SPd, para kepala sekolah dan guru TK, SD, SMP, pengawas, ketua pengurus cabang, dan ranting PGRI di Kabupaten Empat Lawang serta undangan lainnya yang berjumlah sekitar 850 peserta.

Peserta seminar nasional menyimak paparan yang disampaikan Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi di Gedung Serba Guna Pemkab Empat Lawang, Sabtu (23/11/2019).

Dari Universitas PGRI Palembang hadir, Ramanata Disurya, SH, MH (Ka BAUPK3 ORTALA), Adiguna, ST, MSi (Dekan Fakultas Teknik), Dr Mulyadi, MA (Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerja Sama),  Akbariyansyah, MPd, Amiruddin, MPd, dan staf lainnya.

Wakil Ketua 1 PGRI Empat Lawang yang juga Ketua Panitia Pelaksana, Abdul Rozi, SPd, MM mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada nara sumber Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang merupakan Rektor Universitas PGRI Palembang dan juga Wakil Ketua PGRI Provinsi Sumsel serta rombongan dari Universitas PGRI Palembang yang sudah hadir dalam seminar pendidikan di Empat Lawang.

Rozi juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Empat Lawang beserta jajarannya serta berbagai pihak sehingga kegiatan seminar pendidikan ini dapat terlaksana.

Ucapan terima juga terkhusus disampaikan kepada semua anggota PGRI yang aktif serta hadir dalam seminar ini.

Peserta seminar nasional menyimak paparan yang disampaikan Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi di Gedung Serba Guna Pemkab Empat Lawang, Sabtu (23/11/2019).

Rozi juga berpesan kepada para peserta untuk dapat mengikutinya dengan baik, karena kesempatan semacam ini jarang sekali terjadi, apalagi didatangi langsung oleh orang nomor satu di Universitas PGRI Palembang.

Atas nama pribadi, panitia dan pengurus PGRI Kabupaten Empat Lawang, Rozi menyampaikan permohonan maaf kepada Dr H Bukman Lian, MM, MSi dan rombongam apabila ada hal-hal yang kurang baik dan kurang berkenan atas penyambutan, penempatan, dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Empat Lawang, Dra Rita Purwaningsih, MM menyambut baik kegiatan seminar pendidikan yang dilaksanakan oleh pengurus PGRI Empat Lawang dalam rangka HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2019.

Rita berharap dengan seminar nasional ini akan menambah pengetahuan dan pengalaman bagi semua para peserta.

Kepala Dinas Pendidikan Dra Rita Purwaningsih, MM menyampaikan kata sambutan.

Rita juga berharap Dr H Bukman Lian, MM, MSi sebagai pembicara tidak hanya memberi pencerahan bagi para peserta seminar, namun juga dapat membantu guru-guru di Empat Lawang untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang Strata 2 atau Pascasarjana  Universitas PGRI Palembang.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Empat Lawang dan Dinas Pendidikan Empat Lawang, Rita mengucapkan terima kasih kepada nara sumber, Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang juga Rektor  Universitas PGRI Palembang ini yang sudi datang dari Palembang untuk bersilaturahmi dengan para pengurus dan anggota PGRI serta guru-guru di Kabupaten Empat Lawang.

Rita Purwaningsih berharap nantinya guru-guru dapat memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan yang langka dan baik ini.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyampaikan materi saat menjadi pembicara dalam seminar nasional yang digelar di Gedung Serba Guna Pemkab Empat Lawang, Sabtu (23/11/2019).

Sedangkan nara sumber seminar nasional, Dr H Bukman Lian, MM, MSi pada saat menyampaikan paparannya terlebih dahulu mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas pertemuan ini.

Bukman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Empat Lawang beserta jajarannya dan Kadinas Pendidikan dan jajarannya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada segenap pengurus dan anggota PGRI Empat Lawang, para guru TK, SD, SMP serta guru SMA serta para undangan yang turut serta dalam seminar pendidikan ini. Selanjutnya Bukman memperkenalkan rombongan dari Universitas PGRI Palembang.

Dalam materi seminar pendidikan tersebut, Bukman mengajak para peserta untuk memaknai pengertian Era Revolusi Industri 4.0 secara benar dan bijak.

Beliau juga menjelaskan secara jelas dan detail tentang tahap-tahap Revolusi Industri, Hasil Inovasi Era Renovasi Industri 4.0 (penggantian peran manusia oleh mesin).

Kemudian dampak dunia digital dan revolusi industri.4.0 (ancaman dan peluang), tantangan guru di era revolusi industri 4.0, serta kompetensi yang harus dimiliki guru di Era 4.0 ini.

Bukman mengatakan, pembelajaran sekarang tidak lagi bersifat teacher centered, berpusat kepada guru melainkan sudah menjadi student centered, berpusat kepada siswa serta blended learning, gabungan IT dan berbagai metode.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi bersama pengurus PGRI Empat Lawang dan peserta seminar berfoto bersama.

Pada kesempatan seminar nasional itu Bukman sebagai Rektor Universitas PGRI Palembang dan pengurus PGRI Provinsi Sumsel, atas izin Ketua H Ahmad Zulinto, SPd., MM dan Ketua YPLP-PT PGRI Sumsel memberikan berbagai kemudahan dan diskon khusus bagi guru dan keluarga guru dari Kabupaten Empat Lawang yang ingin melanjutkan kuliah Strata Satu (S1) maupun Strata Dua (S2) di Universitas PGRI Palembang.

Menurut Bukman, bagi yang akan kuliah S1 ada beasiswa terbatas dan kuliah gratis di Prodi Budidaya ikan (Fakultas Perikanan), Prodi Fisika (Fakultas MIPA), prodi Fisika (FKIP) diskon uang pendaftaran, diskon 50% uang kuliah dan lain sebagainya.

Bantuan dan kemudahan ini, menurut Bukman,  semuanya dimaksudkan untuk membantu para guru dan keluarga guru untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan.

Para peserta seminar nasional sangat antusias mengikuti paparan yang disampaikan oleh nara sumber, Dr H Bukman Lian, MM, MSi dan mereka juga sangat antusias untuk melanjutkan pendidkan S2 di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Terlebih menyangkut berbagai tawaran dan kemudahan yang diberikan untuk melanjutkan pendidikan di Universitas PGRI Palembang.

Hal ini dapat dilihat misalnya dari berbagai pernyataan dan pertanyaan yang disampaikan oleh Eko Suryono dari SMPN 1 Tebing Tinggi, Nuhroho dari Paiker Ulu Musi, dan Eny dari SD Pasemah Air Keruh.

Setelah seminar nasional usai, para peserta memanfaatkan kesempatan yang langka ini dengan bergantian untuk berfoto bersama dengan orang nomor satu di Universitas PGRI Palembang ini. (hyd)

Kalender

November 2019
MTWTFSS
« Oct Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930 

Kategori Post

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *