Peringati Hari Pohon Sedunia, Universitas PGRI Palembang dan SMAN 19 Gelar Penanaman 430 Batang Pohon

Peringati Hari Pohon Sedunia, Universitas PGRI Palembang dan SMAN 19 Gelar Penanaman 430 Batang Pohon

Guna memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada 21 November 2019,  Universitas PGRI Palembang bekerja sama dengan SMA Negeri 19 Palembang menggelar penanaman sebanyak 430 batang pohon.

Penanaman pohon secara serentak itu dilakukan di lingkungan SMAN 19 Palembang yang beralamat di Jalan Pipa Sungai Lais, Sungai Kedukan, Kecamatan Rambutan, Palembang, Kamis (21/11/2019).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H Riza Fahlevi, MM menyampaikan kata sambutan.

 

Penanaman pohon yang merupakan kegiatan pengabdian dosen sekaligus kegiatan mahasiswa dihadiri  Gubermur Sumatera Selatan (Sumsel) diwakili oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs H Riza Fahlevi, MM, Kepala LLDIKTI Wilayah II yang diwakili oleh Rustinah HR, SE, MSi.

Kepala Balai Lingkungan Hidup dan Pertanahan Sumsel yang diwakili oleh Dr Sulthoni Azis, Kabid SMA Disdik Sumsel, H Bonny Syafrian, SE, MM, Kepsek SMAN 19 Palembang, Drs Taufik, MSi, Babinsa, Koramil, dan komite sekolah.

Sementara dari Universitas PGRI Palembang hadir, Rektor Dr H Bukman Lian, MM, MSi, Warek III Drs Sukardi, MPd, Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Dr Dessy Wardiah, MPd, para dekan di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

Turut hadir Kabag. Humas Protokol, Promosi, dan Kerja Sama Dr Mulyadi, MA, Ketua Prodi Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang, Maharani Oktavia, MSc, Kepala Lab Prodi Pendidikan Geografi sekaligus pendamping mahasiswa, Budi Utomo MSc, seluruh dosen Program Studi Pendidikan Geografi Universitas PGRI Palembang beserta mahasiswa/i Universitas PGRI Palembang.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi dan Kepala SMA Negeri 19 Palembang, Drs Taufik, MSi menandatangani berkas MoU.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengatakan, pohon begitu penting bagi makhluk hidup dan menjadi sumber kehidupan bagi manusia. Serta pohon juga berperan sangat penting untuk alam.

Maka dari itu, tepat pada 21 November diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. Di hari ini pula sebagai hari memperingati jasa-jasa pecinta alam asal Amerika yakni J Sterling Morton yang giat mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Kabid SMA Disdik Sumsel, H Bonny Syafrian, SE, MM melakukan penanaman pohon secara simbolis.

Tak ingin ketinggalan di hari pohon sedunia ini, menurut Rektor, Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang bekerja sama dengan SMAN 19 Palembang bersama-sama menanam sebanyak 430 pohon di lingkungan SMAN 19 Palembang.

“Ada sebanyak 430 pohon yang kami tanam di lingkungan SMAN 19 Palembang ini antara lain pohon yang sangat spesial  yaitu pohon Tin, ya” kata Bukman Lian.

Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Dr Dessy Wardiah, MPd melakukan penanaman pohon secara simbolis.

Dia mengatakan dipilihnya pohon Tin untuk ditanam di lingkungan SMAN 19 Palembang karena pohon ini bisa memberikan banyak manfaat.

“Pohon yang paling mahal ditanam di SMAN 19 Palembang sebagai kenang-kenangan karena pohon ini bisa jadi obat. Seperti dalam Alquran watini wazaitun, dan ini sebagai cinta saya kepada SMAN 19 Palembang dan 430 bibit pohon di antaranya adalah pohon mangga, jambu kristal, jambu air, nangka, sirsak, kelengkeng; sawo, dan lainnya. Selain bekerja sama dengan SMAN 19 Palembang, kami juga berencana akan menanam pohon dengan total seribu  pohon di Kota Palembang. Untuk SMAN 19 Palembang ini sebagai awal,” ujarnya.

Warek III Universitas PGRi Palembang Drs Sukardi, MPd (tiga dari kiri), Dekan FKIP Universitas PGRI Palembang, Dr Dessy Wardiah, MPd (dua dari kiri), dan Kabag Humas Protokol, Promosi, dan Kerja Sama Dr Mulyadi, MA (paling kanan) menghadiri kegiatan penanaman pohon di lingkungan SMA Negeri 19 Palembang.

Sementara itu, Kepala SMAN 19 Palembang, Drs Taufik, MSi mengapresiasi dan berterima kasih dengan Universitas PGRI Palembang sehingga kegiatan penanaman pohon ini bisa terlaksana.

“Kami tidak perlu khawatir lagi karena ada bantuan pupuk juga dari Pusri untuk tanah asam di lingkungan SMAN 19 Palembang. Setelah dari kegiatan ini ada di MoU (antara Universitas PGRI Palembang dan SMA Negeri 19 Palembang) selama lima tahun untuk perawatan pohon dan berharap akan membawa dampak baik bagi sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs H Riza Pahlevi, MM mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel menyambut baik dengan adanya kegiatan positif ini. “Saya berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara kontinyu,” harapnya.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, pejabat, undangan, dan guru SMA Negeri 19 Palembang berfoto bersama.

Di tempat yang sama, Ketua Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas PGRI Palembang, Maharani Oktavia, MSc didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan, Rapiin menjelaskan, jika kegiatan penanaman pohon ini juga didanai oleh Kemenristek Dikti atas hibah organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Geografi.

Menurut Maharani, kegiatan penanaman pohon ini selain memperingati Hari Pohon Sedunia, juga menggalakkan Hari Menanam Pohon Indonesia. (hyd)

Kalender

November 2019
MTWTFSS
« Oct Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930 

Kategori Post

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *