Tingkatkan Kualitas Mutu Lulusan, Universitas PGRI Palembang Gelar Workshop dan Pendampingan Penyusunan Proposal PKM

Tingkatkan Kualitas Mutu Lulusan, Universitas PGRI Palembang Gelar Workshop dan Pendampingan Penyusunan Proposal PKM

Guna meningkatkan kualitas dan kuantitas mutu lulusan, Universitas PGRI Palembang menggelar Workshop dan Pendampingan penyusunan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Workshop dan Pendampingan penyusunan proposal PKM yang dipusatkan di Gedung BSC, Lab Terpadu, Selasa (12/11/2019), dibuka oleh Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor II Dr Yasir Arafat, SE, MM.

Hadir dalam pembukaan Workshop dan Pendampingan Penyusunan PKM ini, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd, Ilham Arvan Junaidi, MPd (Sekretaris LPPKM), Dr Syaiful Eddy, MSi (Dekan Fakultas MIPA), dan para dosen di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

Kegiatan Workshop dan Pendampingan penyusunan proposal PKM dengan tema ‘Membangun Kreativitas dan Inovasi Menuju Pimnas 2020 untuk Mewujudkan Masyarakat Ilmiah yang Berkualitas’ diikuti oleh dosen pembimbing PKM dan mahasiswa pengusul PKM dari setiap fakultas yang berada di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

Pada kesempatan itu, Kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd menjelaskan, pada bulan November ini ada dua Workshop dan Pendampingan penyusunan proposal PKM yang sudah dan bakal digelar.

Untuk workshop pertama diikuti oleh 63 orang dosen pembimbing PKM dengan pengisi materi Dr Ir Helmi Haris MS (reviewer penelitian dan pengabdian dari Universitas PGRI Palembang) dan Linda Lia, MPd (reviewer nasional PKM dari Universitas PGRI Palembang).

Menurut Rohana, workshop kedua diikuti oleh 150 orang mahasiswa penyusul PKM dengan pamateri Eva Dina Chourunisa, MPd, Heri Serianto, SPd, MSc, Neta Dian Lestari, SPd, MM, Ema Lilianti, SE, MSi, LInda Lia, MPd, Sugiarti, MPd, Hetilaniar, MPd, dan Budi Utomo, SPd, MSc.

Rohana mengatakan, workshop ini diadakan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas mutu lulusan serta memiliki academic knowlegde, skill of thinking, management skill, dan communication skill.

“Salah satu penerapan dan Tri Darma Perguruan Tinggi juga dengan mengikuti PKM. PKM yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan mewadahi,” ujar Kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang. Dr Rohana, MPd.

Menurutnya, PKM ini penting untuk mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa yang memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti, 2018).

“Kemenristekdikti melalui Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan kreativitasnya yang didanai melalui hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM),” ujarnya.

Kepala LPPKM Universitas PGRI Palembang Dr Rohana, MPd menjelaskan mengenai kegiatan Workshop dan Pendampingan penyusunan proposal Program Kreativitas Mahasiswa.

Dijelaskan Rohana, secara umum terdapat tiga jenis PKM yang didanai oleh Kemristekdikti melalui laman http//:simbelmawanstekdiktigo.id.

Pertama, PKM lima bidang yang terdiri dari PKM Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Teknologi (PKM-T), dan PKM-Karsa Cipta (PKM-KC).

Kedua, PKM-Kalya Tulis (PKM-KT) yang terdiri dari PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI). Ketiga, PKM Gagasan Futun’stik Konstruktif (PKM-GFK).

Setelah proposal tersebut disetujui mahasiswa melaksanakan PKM dan dapat mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang ditentukan oleh reviewer sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ada enam bidang PKM yang dapat mengikuti PIMNAS kecuali satu bidang yaitu PKM-AL karena sudah berbentuk jurnal sehingga tidak relevan untuk diikutkan ke PIMNAS.

Diakuinya, prestasi Universitas PGRI Palembang dalam PKM sangat baik, hal ini dilihat dan pengajuan proposal PKM mahasiswa tahun 2018 ada sebanyak 130 judul pada proposal PKM 5 Bidang dan PKM-KT(GT/AI) sebanyak 20 proposal, PKM GFK sebanyak satu proposal.

“Dari pengajuan tersebut Universitas PGRI Palembang mendapatkan sembilan proposal yang dibiayai oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, dengan rincian tujuh proposal PKM 5 Bidang dan 2 proposal PKM-KT,” jelasnya.

Sehubungan dengan itu, untuk mempersiapkan pengajuan proposal PKM TA 2019 serta mengoptimalkan kreativitas mahasiswa tersebut, perlu diadakan kegiatan workshop dan pendampingan penyusunan proposal PKM di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

“Harapannya, mudah-mudahan mahasiswa Universitas PGRI Palembang berhasil memperoleh dana hibah Kemenristekdikti dan bisa mengikuti kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) pada 2020 mendatang,” katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Wakil Rektor II Dr Yasir Arafat, SE, MM menyampaikan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan anugerah-Nya

Rektor juga mengucapkan selamat kepada Kepala LPPKM dan jajarannya atas terlaksananya kegiatan ini. Dia berpesan agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan Workshop dan Pendampingan penyusunan proposal PKM ini dengan baik. (hyd)

1 Comment

  1. NAGA GAMES
    December 24, 2023 at 11:16 pm

    … [Trackback]

    […] Read More here on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2019/11/14/tingkatkan-kualitas-mutu-lulusan-universitas-pgri-palembang-gelar-workshop-dan-pendampingan-penyusunan-proposal-pkm/ […]

Comments are closed.

Kalender

November 2019
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kategori Post