Tim Monev Sertifikasi Dosen Dari Kemenristikdikti Kunjungi Universitas PGRI Palembang

Tim Monev Sertifikasi Dosen Dari Kemenristikdikti Kunjungi Universitas PGRI Palembang

Tim Monitoring dan Evaluasi (monev) sertifikasi dosen (serdos) tahap 1 tahun 2019 mengunjungi Universitas PGRI Palembang, Selasa (2/7/2019).

Tim monev yang dipimpin Prof Endang Baliarti dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI diterima Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi di Ruang 402 Gedung Business Science Center (Lab Terpadu) Lantai 4 Universitas PGRI Palembang.

Hadir dari Universitas PGRI Palembang Wakil Rektor 2, Dr Yasir Arafat, SE, MM, Wakil Rektor 3 Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd, para dekan, wadek, kepala biro, kepala unit, dan pejabat lainnya di lingkungan Universitas PGRI Palembang serta dosen dan mahasiswa.

Sementara dari Kemenristekdikti, yakni Teti Homsati (Subdit Karir Pendidik), sedangkan dari LLDikti di antaranya yang hadir Nurjanah, SE, MM, (Kabag Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya), Agnes Fibrina Kurniawati, SS, MPd (Kasubag. Sumber Daya), dan Intan Fitriana (Staf Sumber Daya).

Dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan nikmat yang diberikan serta kesempatan yang diberikan sehingga pertemuan dengan Tim Monev Sertifikasi dosen ini dapat terlaksana.

Selanjutnya Bukman menyampaikan ucapan selamat datang kepada Prof Endang Baliarti dan staf dari Kemenristekdikti dan juga tim dari LLDikti yang diketuai oleh Nurjana, SE, MM.

Bukman menyampaikan berbagai informasi tentang sertifikasi dosen-dosen di Universitas PGRI Palembang dan usaha-usaha yang sudah dilakukan oleh unsur pimpinan Universitas PGRI Palembang dalam rangka meningkatkan keterampilan dan profesionalitas dosen.

Rektor menyampaikan bahwa semua dosen di Universitas PGRI Palembang sudah memiliki JFA dan ada sekitar 152 dosen yang sudah sertifikasi dari 330 dosen yang ada di Universitas PGRI Palembang.

Menurutnya, jumlah dosen yang lulus sertifikasi meningkat setiap tahunnya, karena berbagai upaya dilakukan oleh lembaga serta aktifitas di Universitas PGRI Palembang juga meningkat.

Selanjutnya, Rektor berharap kepada tim monev dari Kemenristekdikti untuk membantu, membimbing, sekaligus memberikan informasi supaya kegiatan sertifikasi dosen Universitas PGRI Palembang dapat dilaksanakan dengan baik.

Sementara itu, tim monev yang dipimpin Prof Endang Baliarti dari Kemenristekdikti yang kesehariannya dosen Universitas Gajah Mada (UGM) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor Universitas PGRI Palembang beserta jajaran yang telah menyambut kedatangan tim monev dengan penuh kekeluargaan dan baik.

“Terima kasih Rektor dan jajaran memberikan perhatian yang begitu besar dan sungguh-sungguh terhadap kegiatan ini,” kata Prof Endang.

Lebih lanjut Prof Endang menjelaskan bahwa aplikasi yang digunakan sekarang ini untuk pengurusan sertifikasi dosen memang aplikasi yang baru, yakni bernama sister.

Sehingga kemungkinan berbagai kendala akan muncul di lapangan. Oleh karena itulah kehadirannya untuk melakukan monitoring dan evaluasi serta mengetahui berbagai masalah atau keluhan yang ada di lapangan.

Prof Endang kemudian meminta para dosen yang sudah lulus sertifikasi, yang belum lulus, atau yang akan mengurus untuk sama-sama menyikapi dan mensiasati berbagai hal.

Beliau juga meminta para dosen untuk mengemukakan berbagai kendala yang pernah dihadapi.

Menanggapi permintaan Prof Endang beberapa dekan dan dosen Universitas PGRI Palembang menyampaikan permasalahan yang ada sewaktu mengurus sertifikasi melalui aplikasi sister.

Berbagai kendala tersebut di antaranya sistem sister itu sendiri, waktu yang tersedia sangat singkat, misal sewaktu meng-upload berkas dan baru masuk separuh kemudian distop.

Maka semua berkas yang sudah di-upload hilang jika hendak dibuka kembali. Selanjutnya, ada juga dosen sudah diumumkan lulus.

Namun kemudian sewaktu dibuka besoknya tidak lulus. Kendala lain, waktu yang tersedia untuk meng-upload surat dari rektor sangat singkat.

Menanggapi berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi dosen, Prof Endang Baliarti sangat memakluminya karena ini menyangkut masalah sistem aplikasi dan masukan-masukan berharga ini akan disampaikan kepada Kemenristekdikti untuk bahan evaluasi.

Prof Endang juga memberikan berbagai informasi dan cara-cara yang efektif untuk mengurus/meng-upload berkas sertifikasi.

Prof Endang juga menyampaikan informasi  dan menyarankan kepada Universitas PGRI Palembang untuk bekerja sama dengan UGM.

Menurutnya, UGM bersedia untuk bekerja sama dan diundang dalam rangka melaksankan tes TKBI dan TKDA di Universitas PGRI Palembang.

Rektor, unsur pimpinan, dan para dosen menyambut baik tawaran dari Prof Endang ini, karena langkah tersebut nanti akan sangat membantu bagi para dosen untuk mengikuti proses sertifikasi.

Dari apa yang sudah disampaikan Prof Endang, Rektor Universitas PGRI Palembang menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya serta memberikan apresiasi yang tinggi karena Universitas PGRI Palembang sudah dipilih untuk di monev.

Lebih lanjut Bukman sangat berterima kasih atas segala informasi dan penjelasan yang disampaikan. Beliau juga akan terus minta arahan, petunjuk dari Kemenristedikti dan juga LLDikti, kalau ada hal-hal yang kurang untuk diperbaiki di masa-masa mendatang. (hyd)

5 Comments

  1. Golden Teacher mushroom
    December 16, 2023 at 5:58 pm

    … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2019/07/05/tim-monev-sertifikasi-dosen-dari-kemenristikdikti-kunjungi-universitas-pgri-palembang/ […]

  2. ประตูสำเร็จรูป
    December 23, 2023 at 12:31 am

    … [Trackback]

    […] Information on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2019/07/05/tim-monev-sertifikasi-dosen-dari-kemenristikdikti-kunjungi-universitas-pgri-palembang/ […]

  3. sci-sciss
    January 17, 2024 at 1:32 am

    … [Trackback]

    […] Info on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2019/07/05/tim-monev-sertifikasi-dosen-dari-kemenristikdikti-kunjungi-universitas-pgri-palembang/ […]

  4. mellow mushroom 400 w peachtree street
    January 17, 2024 at 11:24 am

    … [Trackback]

    […] Read More on to that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2019/07/05/tim-monev-sertifikasi-dosen-dari-kemenristikdikti-kunjungi-universitas-pgri-palembang/ […]

  5. fazele lunii 2024
    January 24, 2024 at 7:35 pm

    … [Trackback]

    […] Info on that Topic: univpgri-palembang.ac.id/2019/07/05/tim-monev-sertifikasi-dosen-dari-kemenristikdikti-kunjungi-universitas-pgri-palembang/ […]

Comments are closed.

Kalender

July 2019
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Kategori Post