Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Gelar Seminar Nasional Pendidikan

Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Gelar Seminar Nasional Pendidikan

Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang kembali menggelar seminar nasional dengan tema ‘Sinergisitas Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Berorientasi Inovasi dan Kewirausahaan’.

Seminar pendidikan yang dipusatkan di Aula Drs H Aidil Fitrisyah, MM Lantai 5 Gedung Science Center Universitas PGRI Palembang, Jumat (3/5/2019), diikuti 437 peserta baik dari dalam dan luar Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), bahkan dari luar negeri.

Dalam seminar pendidikan ini menghadirkan empat nara sumber masing-masing Prof Dr Endry Boeriswati, MPd (Universitas Negeri Jakarta) dengan makalah Analisis Kebutuhan Sinergitas Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Serta Pengembangan Pembelajaran.

Kemudian Prof Dr Nor Aishah Buang (Universiti Kebangsaan Malaysia) dengan judul makalah Best Practices in Entrepreneurship Research.

Selanjutnya Dr Gumawang Jati, MA selaku President ITELL (Indonesia Technolohy Enhanced Language Learning) Bandung dengan judul makalah Technology Empowered Students ‘Prepare Yourself for Interconnected World’.

Nara sumber lain Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi dengan makalah ‘Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat’.

Kegiatan seminar pendidikan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum YPLP PT PGRI Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH.

Di sela-sela seminar pendidikan, digelar penyerahan penghargaan dan apresiasi tinggi dari YPLP PT PGRI Sumsel untuk Universitas PGRI Palembang.

Penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum YPLP PT PGRI Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH atas suksesnya Universitas PGRI Palembang meraih peringkat 2 kategori penilaian aspek kelembagaan dan SDM tahun 2019 dari LLDikti Wilayah II yang meliputi Palembang, Jambi, Lampung, dan Bangka Belitung.

Apresiasi dan penghargaan YPLP PT PGRI Sumsel terhadap Universitas PGRI Palembang juga dilatar belakangi atas diterimanya penghargaan yang diraih Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi sebagai Kepeloporan Insan Teladan di lingkungan LLDikti Wilayah II.

Piagam penghargaan ini diserahkan oleh Ketua Umum YPLP PT PGRI Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH kepada Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Dalam sambutannya, Ketua Umum YPLP PT PGRI Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH berharap mahasiswa PPs Universitas PGRI Palembang dan peserta seminar untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran yang mampu meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia dan Sumsel khususnya.

“Hari ini, YPLP PT PGRI Sumsel menyerahkan penghargaan kepada Universitas PGRI Palembang atas diraihnya peringkat 2 kategori penilaian aspek kelembagaan dan SDM tahun 2019 dan kepada Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi sebagai Kepeloporan Insan Teladan di lingkungan LLDikti Wilayah II. Hal ini sangat membanggakan. Untuk itu mari bersama tingkatkan kemajuan Universitas PGRI Palembang, dan jadikan ini sebagai motivasi menjadi Universitas PGRI Palembang dalam membangun pendidikan,” pungkas Hj Meilia Rosani.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi melalui Direktur PPs Universitas PGRI Palembang, Dr Houtman, MPd mengatakan, seminar pendidikan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan pentingnya adaptasi terhadap arus globalisasi dan revolusi industry 4.0 yang tengah dihadapi saat ini.

“Kita kemas bagaimana penelitian ditujukan untuk pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi antara inovasi dan wirausaha. Dan inovasi ini juga tengah dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang yang selalu mengedepankan mutu. Kita telah memulai pembelajaran sistem daring dan SPADA dengan tujuan menjadikan sistem pendidikan menjadi lebih efesien,” kata Houtman yang saat itu didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan, Dr Happy Fitria, MPd.

Sementara itu, dalam seminar pendidikan dapat disimpulkan beberapa hal: Bahwa zaman ini semakin berubah demikian juga dengan IT dan informasi.

Namun yang penting adalah perubahan dalam berpikir. Teknologi harus dilihat dari sisi yang positif dan kita yang harus mengontrolnya.

Selanjutnya, kunci di perguruan tinggi adalah Tri Dharma yang menyangkut pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Ketiga hal ini harus berimbang dan untuk kepentingan kehidupan manusia atau masyarakat. Dalam kehidupan sehari- hari sebenarnya setiap individu mempunyai talenta dalam melakukan entrepreneur, namun seseorang harus mampu mentransformasikanya.

Namun demikian, seorang entrepreneur haruslah jujur serta memiliki attitude yang baik. Universitas PGRI Palembang akan terus mengarahkan tri dhama-nya untuk kepentingan masyarakat.

Maka dari itu, kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dan juga antar dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada mayarakat akan terus ditingkatkan. (hyd)

Kalender

May 2019
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Kategori Post