Profil

Written by Admin.

Program Studi yang diselenggarakan di Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang adalah :

  1. Program Studi Teknik Sipil (Terakreditasi)
  2. Program Studi Teknik Elektro (Terakreditasi)
  3. Program Studi Teknik Kimia (Terakreditasi)

 

Berikut ini, ditampilkan profil lebih lanjut tentang masing-masing program studi :

 

Þ           PROGRAM STUDI S1 TEKNIK SIPIL

Merupakan salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi, tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Teknik Sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa merubah sebuah hutan menjadi kota besar.

Keluasan cabang dari teknik sipil ini membuatnya sangat fleksibel di dalam dunia kerja. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain adalah perancangan/pelaksana pembangunan/pemeliharaan prasarana jalan, jembatan, terowongan, gedung, bandar udara, lalu lintas (darat, laut, udara), sistem jaringan kanal, drainase, irigasi, perumahan, gedung, minimalisasi kerugian gempa, perlindungan lingkungan, penyediaan air bersih, survey lahan, konsep finansial dari proyek, manajemen proyek, dan sebagainya. Semua aspek kehidupan tercakup dalam muatan ilmu teknik sipil.

 

Þ           PROGRAM STUDI S1 TEKNIK ELEKTRO

Perkembangan teknologi dalam bidang teknik elektro tumbuh dengan begitu pesatnya. Banyak sekali karya inovasi para sarjana teknik elektro diaplikasikan di lapangan yang mencakup bidang industri manufaktur maupun jasa. Di Indonesia, kebutuhan akan tenaga ahli dalan bidang teknik elektro, cukup besar, tetapi tidak banyak sarjana teknik elektro yang menguasai teori dan praktik secara mendalam.

Dunia industri merupakan pasar yang sangat bergantung pada sarjana teknik elektro, karena adanya automatisasi  proses-proses industri. Para sarjana teknik elektro yang siap pakai dan terampil, sangat diminati oleh pihak pemakai, sehingga perguruan tinggi yang dapat menghasilkan sarjana teknik elektro sesuai kebutuhan pasar itulah yang dapat menyalurkan para lulusannya kepada pihak pemakai.

Lulusan program studi ini dapat bekerja di industri manufaktur maupun jasa, lembaga penelitian maupun pendidikan sebagai akademisi dan peneliti. Tidak tertutup kemungkinan pula bagi lulusan untuk mengembangkan diri sebagai wirausaha sesuai bidangnya.

 

Þ           PROGRAM STUDI S1 TEKNIK KIMIA

Industrialisasi menuntut adanya penguasaan teknologi yang harus dimiliki oleh generasi muda sebagai modal dasar dalam menyongsong era globalisasi mendatang. Bidang industri yang terbesar adalah industri kimia yang secara khusus membutuhkan dalam jumlah tak terbatas tenaga-tenagan ahli yang menguasai teknologi kimia. Teknik kimia adalah disipilin ilmu teknik yang merupakan wahana pengembangan dan penguasaan teknologi kimia di dalam industri. Seirama dengan tujuan dari suatu rekayasa, teknik kimia juga bertujuan untuk memanfaatkan gaya dari alam untuk kegunaan dan kemudahan (use and convenience) manusia.

Jenis industri kimia beraneka ragam dan berkembang tanpa batas, hal ini dapat dilihat pada semua yang ada di sekeliling kita. Pertanian memerlukan pupuk dan insektisida, konstruksi memerlukan semen, logam, kaca dan plastik, sandang banyak yang telah menggunakan serat sintetis dan telah diwarnai dengna pewarna/dye. Transportasi memerlukan bahan bakar, karet alam dan sintetis, cat, dan lain-lain. Komunikasi tertulis menggunakan kertas dan tinta. Sulit bagi kita untuk menyebutkan barang/bahan yang tidak tersentuh oleh teknologi kimia. Barangkali tak ada seorang pun yang mau hidup di dunia tanpa kiprah sarjana teknik kimia.