PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) PRODI TEKNIK KIMIA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Written by admin.

Pada hari Sabtu, tanggal 11 Agustus 2018, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Kimia Universitas PGRI Palembang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pengolahan Air Baku (Air Sumur) Menjadi Air Bersih Menggunakan Rancangan Alat Filter Air dengan Sistem Back Wash” di Perumahan Griya Mariana Kecamatan Mariana Kabupaten Banyuasin I, bertempat di RT 07 Griya Mariana. Acara ini dihadiri langsung oleh dosen-dosen Teknik Kimia Universitas PGRI Palembang.

Tujuan dari kegiatan PKM ini agar masyarakat Perumahan Griya Mariana dapat menikmati air bersih. Mengingat air yang terdapat di daerah Mariana umumnya diketahui banyak mengandung besi (Fe), bersifat asam dan berwarna keruh. Dalam PKM ini hadir wakil dari LP2MK Ibu Yeni Spd, Mpd. Ketua RT 07 Griya Mariana Bpk. Rohman Ismail, masyarakat/warga sekitarnya, dan mahasiswa Teknik Kimia Universitas PGRI Palembang.

Dalam uji alat filtrasi dengan sistem back wash ini air sumur yang semula dilakukan penyaringan menggunakan penyaringan konvensional masih terdeteksi zat besi, ini dilihat dari masih berubahnya air menjadi kekuningan. Setelah menggunakan alat filtrasi yang dibuat oleh dosen program studi teknik kimia air sumur yang di saring menggunakan filter dengan sistem back wash zat besi tidak terdeteksi lagi. Kemudian selama ini masyarakat dalam pencucian, saringan yang mereka buat susah untuk di cuci tetapi setelah menggunakan alat ini masyarakat dengan mudah melakukan pencucian hanya dengan memutar valve ke posisi back wash saja.

Antusias dari masyarakat Mariana sangat baik, mereka menginginkan untuk dibimbing lebih intens agar dapat membuat alat filtrasi sistem backwash sehingga dapat diaplikasikan di rumah mereka masing-masing.

Foto penyampaian materi oleh narasumber

Foto Alat dan Bahan filtrasi sistem backwash

Foto bersama masyarakat dan peserta PKM Teknik Kimia