Dosen Harus Buang Penyakit Malas

Written by Admin.

Dosen Harus Buang Penyakit Malas

Dosen bukan hanya dituntut memberikan ilmu teori tapi juga bagaimana bisa memiliki kualitas diri sehingga dapat mentrasfer ilmu kepada mahasiswa.

“Tuntutan sudah banyak, di antaranya harus ikut sertifikasi sebagai bukti bahwa sudah memiliki kemampuan. Ini dalam rangka menjalankan tugas secara profesional. Dosen jangan hanya pintar mengajar saja,” kata Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr. H. Syarwani Ahmad, M.M. saat membuka Pelatihan Pengisian Bahan Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas PGRI Palembang).

Syarat sertifikasi sudah mutlak, namun kelemahan yang banyak dimiliki dosen adalah enggannya mengikuti persyaratan ini. Bahkan untuk mengikuti jenjang akademi saja sangat sulit dan tidak mau. Padahal di samping pendidikan, jabatan akademik juga perlu.

Buanglah penyakit malas dan alasan tak ada waktu. Itu hanya sebuah alasan yang tidak tepat. Kalau soal kemampuan, kan bisa diasah. Wong batu saja jika diasah terus bisa dibentuk dan tajam,”  Rektor Universitas PGRI Palembang, berharap dosen di Universitas PGRI Palembang membuang kemalasan dan bergiat memacu diri dalam mengembangkan kualitas diri. Pihak Universitas sangat mendukung penyediaan sarana dan prasarananya. Bahkan untuk mengikuti jenjang pendidikan akademik sampai ke strata tiga.

Disamping itu pelatihan ini pertama kali dilakukan karena sesuai amanat Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) bahwa laporan kinerja dosen tidak boleh lagi dalam bentuk manual.“ Laporan kinerja dosen ditolak Dikti karena masih bersifat manual. Untuk itulah pelatihan ini melibatkan seluruh dosen Universitas PGRI Palembang agar laporan kinerja tidak ditolak lagi,” Dosen memiliki kewajiban melaporkan kinerjanya per semester terutama bagi dosen yang sudah disertifikasi. Minimal satu karya ilmiah wajib ditulis oleh tiap dosen sebagai bentuk laporan kerja. Sebanyak 50 dosen yang mengikuti pelatihan dan diharapkan seluruh dosen Universitas PGRI Kegiatan selain sebagai syarat Dikti juga dalam rangka tertib administrasi dan kelancaran kegiatan belajar mengajar di Universitas PGRI Palembang.