Bekali Mahasiswa Tentang Bahaya Narkoba

14. 05. 16

Palembang, BP
Dua tahun terakhir ini Badan Narkotika Kota (BNK) Palembang mendapatkan informasi yang diperoleh dari Polresta banyak mahasiswa yang terjerumus

penyalahgunaan narkoba. Saat ini, kalangan mahasiswa yang berada di lingkungan kampus sudah banyak dimasuki oleh para pengedar narkoba. Untuk itu, BNK Palembang kembali mengajak generasi muda untuk mencegah masuknya ke dunia kampus yang sangat rentan dengan peredaran narkoba.

"Kejahatan narkoba sudah memasuki dunia pendidikan, bukan saja di kalangan mahasiswa, melainkan merebak ke kalangan SMP/SMA. Bahkan, di jenjang SD yang belum mengerti pun sering dijebak oleh pengedar narkoba," ujar Nara Sumber Nelawati, yang berasal dari BNK Palembang, di sela-sela Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Tahun 2014, di Aula Perpustakaan Universitas PGRI Palembang, Rabu (14/5).

Nelawati menambahkan, penyuluhan narkoba tersebut dianggap sangat perlu bagi kalangan mahasiswa tentang penyalahgunaan narkoba. Pasalnya, jika seseorang sudah kecanduan maka akan mengalami disorientasi. Kegiatan rutin ini bertujuan, untuk meningkatkan pemahaman bahaya penyalahgunaan narkoba, khususnya di kalangan mahasiswa.

"Jadi, kami melakukan sosialisasi untuk memberikan pembekalan bahaya narkoba, terutama dikalangan mahasiswa. Dan untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba tidak bisa ditangani sendiri, akan tetapi harus ditangani scara menyeluruh melibatkan berbagai instansi dan seluruh masyarakat," jelas wanita berjilbab ini.

Sementara itu, Kepala Biro BAA Universitas PGRI Palembang Drs H Dan Yali MSi, menyambut baik kegiatan yang dilakukan BNK Palembang melalui program P4GN. Untuk itu, pada kesempatan ini agar mahasiswa dapat mengikuti dengan serius dan apa saja yang sudah disampaikan oleh BNK Palembang dapat dicerna dan dapat dimanfaatkan bagi mahasiswa tersebut.

Dirinya berharap, dengan adanya penyuluhan ini mahasiswa UPGRI dapat memahami bahaya penyalahgunaan narkoba dan bisa menolak ajakan para sindikat pengedar narkoba. Jika sudah paham bahaya penyalahgunaan narkoba, maka diharapkan tidak pernah terjerumus dengan penyalahgunaan narkoba.

"Selain itu, mereka yang telah dibekali ini dapat menyampaikan ke mahasiswa lainnya, keluarga dan masyarakat umum di tempat tinggal masing-masing. Sehingga, mereka dapat terhindar dan mengajak yang lain dari penggunaan narkoba," tuturnya.

Created: 13 February 2015
Hits: 11747