UPGRI YUDISIUM SARJANA PERIKANAN “SIAP JADI PELOPOR PEREKONOMIAN DI DAERAH”

16. 04. 15

Infokom UPGRI Palembang. Sebagai salah satu provinsi yang sebagian daratannya merupakan perairan, Sumsel memiliki peluang cukup besar untuk mengelola potensi ini. Maka dari itu para sarjana Perikanan UPGRI Palembang , diharapakan mampu meningkatkan perikanan di masing-masing daerah untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Selain itu juga diharapkan para sarjana mampu menjadi salah satu pelopor membangun perekonomian di bidang perikanan. Mengingat para lulusan ini akan membangun perikanan misalnya dengan membangun tambak-tambak ikan untuk nantinya dibudidayakan.

            “Para lulusan jangan hanya berpatokan untuk menjadi pegawai negeri. Kalau bisa bagaimana caranya dapat membangun dan menciptakan lapangan kerja di sekitar kehidupan bermasyarakat. Misal, membuat tambak ikan dengan mengimplementasikan seluruh pengetahuan dan ilmu yang didapatkan selama di bangku kuliah”, ujar Rektor UPGRI Palembang, Dr. H. Syarwani Ahmad, M.M. dalam sela yudisium ke- 9 mahasiswa Fakultas Perikanan di Aula Perpustakaan UPGRI Palembang, Rabu (13/4).

            Lebih lanjut beliau menjelaskan, dengan diyudisiumnya mahasiswa ini mampu memberikan contoh kepada masyarakat bahwa UPGRI Palembang bukan saja mengeluarkan sarjana keguruan akan tetapi masih banyak fakultas di luar dari keguruan.

Dekan fakultas Perikanan UPGRI Palembang Dr. Ir. Helmi Harris Ms. mengatakan, kali ini pihaknya melakukan yudisium 10 mahasiswa dari fakultas Perikanan, sehingga jumlah alumni dari dua prodi (Ilmu Perikanan dan Budidaya Perikanan) yang sudah diwisuda sampai saat ini mencapai 229 orang.

            Demi meningkatkan mutu pendidikan khususnya di fakultas Perikanan sendiri mulai tahun ini semuanya dosen sudah diusulkan untuk mendapatkan jenjang fungsional akademik serta mengajukan sertifikasi dosen. “selain itu juga para dosen sudah membuat proposal penelitian, dalam waktu dekat siap di-upload ke Kemenristek Dikti. Kalau tahun sebelumnya itu, Perikanan masih dibatasi kuota sedikit. Tetapi dengan akreditasi fakultas B tahun ini akan ada penambahan kuota mahasiswa baru yakni minimal 50 orang”. (MAA-16/INFKM).

Created: 16 April 2016
Hits: 404