You are here: Home GEBYAR PGRI ACCOUNTING EDUCATION 2015
Decrease font size  Default font size  Increase font size 
JA slide show
GEBYAR PGRI ACCOUNTING EDUCATION 2015
Rabu, 27 Januari 2016 12:05

            Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi (HMPS-PA) dan Forum Alumni Program Studi Pendidikan Akuntansi menggelar berbagai kegiatan aplikasi tri darma perguruan tinggi, yaitu pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang diketuai oleh Bapak Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM yang juga Ketua Prodi Pendidikan Akuntansi dilaksanakan selama 2 hari, Jum’at-Sabtu 19-20 Desember 2015. Tempat pelaksanaan kegiatan menggunakan Aula Perpustakaan Universitas PGRI Palembang, Laboratorium Bank Mini dan Auditorium I dan II UPT Science Center.

              Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr. H. Syarwani Ahmad, MM yang dihadiri oleh Dekan FKIP Dra. Andinasari, MM, Wakil Dekan I Dra. Misdalina, M.Pd, Wakil Dekan III Ramanata Disurya, SH, MH, Sekretaris LPPKMK Dra. Nur Ahyani, M.Pd, Ketua Jurusan Pendidikan IPS Drs. Sukardi, M.Pd dan Ketua Program Studi yang ada di lingkungan FKIP.  Selain itu juga dihadiri oleh Dosen-Dosen Tetap Yayasan (DTY) yang merangkap sebagai ketua atau koordinator dari berbagai kegiatan.

              Ada banyak ragam kegiatan yang bertema utama Gebyar PGRI Accounting Education 2015. Kegiatan hari pertama adalah Seminar/Kuliah Umum Kewirausahaan dan Lomba Produk Kreatif yang diketuai oleh Riswan Aradea, SP, MM. Pada kegiatan seminar ini dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Universitas PGRI Palembang dengan Rumah Zakat, Yazri Pusri, Republik Hidroponik, Arjuna Travel dan Palembang Crafter Community. Perserta seminar ini mencapai 680 orang dari program studi pendidikan akuntansi, pendidikan sejarah, pendidikan olahraga, pendidikan geografi, pendidikan bahasa Indonesia dan pendidikan bahasa Inggris.

            Pada hari kedua yang merupakan puncak acara, digelar kegiatan Launching Jurnal Ilmiah NERACA yang merupakan jurnal perdana prodi akuntansi yang berisi karya ilmiah ilmu akuntansi dan pendidikan akuntansi. Program ini dikoodinir oleh Muhammad Toyib, M.Pd. Dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Forum Alumni Pendidikan Akuntansi oleh Dekan FKIP Dra. Andinasari, MM. Terpilih sebagai ketua umum Muhammad Lias, S.Pd, M.Si (Guru SMP Negeri 3 Inderalaya), sekretaris umum Karyadi Hidayat, S.Pd (LPM Universitas PGRI) dan bendahara umum Lia Oktasari, S.Pd (Bank Mandiri Pusat Palembang). Alumni yang hadir dilantik sebanyak 30 orang dari berbagai daerah di Sumatera Selatan, yang menduduki pengurus bidang Pendidikan, Penelitian dan Jurnal Ilmiah, Pengabdian kepada Masyarakat, Dana dan Usaha, Jejaring Kerjasama, Sosial dan Kerohanian, Informasi dan Komunikasi, Seni dan Budaya, Koordinator Wilayah (Korwil) Provinsi dan Koordinator Daerah (Korda) Kabupaten/Kota.

              Selanjutnya dilaksanakan kegiatan simposium dunia kerja alumni dengan ketua pelaksana Neta Dian Lestari, S.Pd, MM, yang menghadirkan 6 alumni antara lain Sri Sari Alam, S.Pd (Kepala SMK Gajah Mada 3 Palembang), Hegar Sunaya, S.Pd (Customer Service BRI Pasar 16 Ilir Palembang), Ari Yuliza, S.Pd (Bendahara Yasri PUSRI Palembang), M. Lias Said, S.Pd, M.Si (Guru PNS di SMP Negeri 3 Inderalaya OI), Karyadi Hidayat, S.Pd (Pegawai LPM dan Dosen Univ.PGRI Palembang) dan Siti Khodijah, S.Pd (Supervisor Keuangan Grand Zuri Hotel Palembang). Para alumni berbagi ilmu dan informasi seputar dunia kerja yang telah digeluti oleh para alumni, termasuk memberikan tips-tips persiapan memasuki dunia kerja di bidang pendidikan dan dunia usaha umumnya.

                        Kegiatan yang tidak kalah pentingnya adalah Lomba Mengajar tingkat mahasiswa dan guru ekonomi/akuntansi di SLTP dan SLTA. Dengan ketua pelaksana Hendri Gunawan,

S.Pd, M.Pd diikuti peserta yang mencapai 46 orang berasal dari guru-guru di kota Palembang dan mahasiswa utusan perguruan tinggi yang ada di Sumatera Selatan, antara lain Universitas PGRI, Universitas Sriwijaya, Universitas Tridinanti dan Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Hadiah untuk para pemenang yaitu memperebutkan trophy Piala bergilir Rektor Universitas PGRI Palembang, Piala bergilir Ketua YPLP-PT PGRI Palembang, Piala bergilir Ketua PGRI Kota Palembang/Kepala Disdikpora Palembang, Piala tetap Juara I, II dan III serta Piala tetap Juaran Harapan I, II dan III. Untuk tingkat guru keluar sebagai pemenang  Juara I sampai III adalah Rinda Desiana, M.Pd (Guru Ekonomi SMA Negeri 22 Palembang), Riski Utama Putriani, S.Pd (Guru Akuntansi SMA Negeri Sumsel Palembang) dan Triyanto, S.Pd, M.Si (Guru IPS Terpadu Ekonomi SMP Negeri 43 Palembang).

            Sedangkan untuk lomba mengajar tingkat mahasiswa berturut-turut serbagai pemenag I sampai Harapan III adalah Beby Desty Arisandy (Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Raden Fatah Palembang), Fitria Sany (Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Raden Fatah Palembang), Sri Wanto (Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang), Clara Ika Phaluphie (Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNSRI Inderalaya), Ari Muhammad Isbilly (Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Raden Fatah Palembang) dan Joni Gunawan (Mahasiswa Pendidikan Bhs. Ingris UIN Raden Fatah Palembang).

       Sebagai kegiatan terakhir dilaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen yang dikoordinir oleh Januardi, S.Pd, M.Si. Kegiatan PkM dengan peserta guru-guru dan mahasiswa dari berbagai daerah di Sumatera Selatan ini menghadirkan nara sumber DTY prodi pendidikan akuntansi antara lain Januardi, S.Pd, M.Si (Upaya Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru), Muhammad Toyib, M.Pd (Tidak Ada Kata Terlambat untuk Mulai Berwirausaha), Hendri Gunawan, S.Pd, M.Pd (Memaksimalkan Penggunaan Media Pembelajaran Akuntansi Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Mengajar), Riswan Aradea,SP, MM (Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah), Erma Yulaini, S.Pd, M.Si (Tugas dan Peran Guru dalam Manajemen Kelas), Diana Widhi Rachmawati, S.IP, MM (Meningkatkan Kemampuan dalam Melakukan Identifikasi Keaslian Mata Uang Kertas demi Meminimalisasi Kerugian pada Dunia Usaha), Zahruddin Hodsay, S.Pd, MM (Manajemen Rapat) dan Neta Dian Lestari, S.Pd, MM (Manajemen Keuangan Sehari-hari).

 

Yang lagi Online

Kami memiliki 3 Tamu online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterPengunjung Hari ini32
mod_vvisit_counterPengunjung Kemairin24
mod_vvisit_counterPengunjung Minggu ini225
mod_vvisit_counterPengunjung Minggu Lalu210
mod_vvisit_counterPengunjung Bulan ini825
mod_vvisit_counterPengunjung Bulan Lalu1077
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan110049