PENGUJIAN KUAT TEKAN BETON MUTU TINGGI TYPE FC’50 (KELAS AA) UNTUK GIRDER JEMBATAN DI TOL PALEMBANG INDRALAYA (PALINDRA)

Agus Setiobudi

Abstract


ABSTRAK

Pada saat ini Provinsi Sumatera Selatan dikenal memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah. Kekayaan alam yang banyak ditemukan adalah pasir, agregat dan teras, dimana ketiga bahan alam tersebut ini apabila dipadukan dengan semen yang berfungsi sebagai perekat akan menjadi bahan dasar alami yang cocok digunakan sebagai campuran beton mutu tinggi. Bahan bahan ini dapat ditemukan dalam jumlah yang banyak dan relatif murah dan dapat langsung digunakan sebagai bahan dasar pembentuk beton mutu tinggi.

Penelitian dilaksanakan untuk mendapatkan sifat karakteristik dari material pembentuk beton mutu tinggi yang nantinya merupakan dasar untuk komposisi job mix formula beton type Fc’50 (Kelas AA) yang merupakan komposisi beton penyusun girder untuk jembatan-jembatan di Tol Palembang Indralaya (Palindra) yang sedang dilaksanakan pembangunan tahun 2016 dan 2017 ini. Setelah komposisi campuran beton mutu tinggi diperoleh, selanjutnya dilakukan pengujian terhadap nilai kuat tekan beton mutu tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menghasilkan grafik hubungan antara variasi umur beton terhadap nilai kuat tekan beton. tren menunjukkan bahwa semakin lama umur beton mutu tinggi terjadi peningkatan kuat tekan beton, dimana kuat tekan maksimum terjadi pada umur beton 1, 3, 7, 21 dan 28 hari.

Hasil penelitian dimana benda uji umur 1 hari dengan nilai kuat tekan rata-rata sebesar 27,11 Mpa berarti telah mencapai 54,22%, benda uji umur 3 hari dengan nilai kuat tekan rata-rata sebesar 40,09 Mpa berarti telah mencapai 80,18%, benda uji umur 7 hari dengan nilai kuat tekan rata-rata sebesar 45,35 Mpa berarti telah mencapai 90,70%, benda uji umur 21 hari dengan nilai kuat tekan rata-rata sebesar 56,07 Mpa berarti telah mencapai 112,15% dan benda uji umur 28 hari dengan nilai kuat tekan rata-rata sebesar 65,77 Mpa berarti telah mencapai 131,54%.

 

Kata Kunci : Beton Mutu Tinggi, Girder dan Kuat Tekan Beton

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.